Selasa, 05 Des 2017 16:38 WIB

3 Langkah Praktis Hilangkan Keinginan Ngemil

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Berat badan berlebih tak melulu karena banyak makan. Ngemil tak sehat dan sering juga bisa jadi penyebabnya. Foto: iStock Berat badan berlebih tak melulu karena banyak makan. Ngemil tak sehat dan sering juga bisa jadi penyebabnya. Foto: iStock
Jakarta - Berat badan berlebih tak melulu karena banyak makan. Ngemil tak sehat dan sering juga bisa jadi penyebabnya.

Karena saat diet, pakar menyarankan untuk mengganti camilan dengan buah dan sayur. Jika masih ingin ngemil, tandanya lapar yang dirasakan bukan karena kekurangan nutrisi, tapi karena kebiasaan ngemil.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? Dirangkum detikHealth dari berbagai sumber, berikut 3 langkah praktis menghilangkan keinginan ngemil.

Baca juga: 5 Cara Agar Tetap Bisa Ngemil Tanpa Khawatir Berat Badan Naik

1. Tidur lebih awal

Salah satu penyebab nafsu makan dan ngemil melonjak adalah tubuh yang kurang tidur dan kurang istirahat. Karena itu mulai malam ini, cobalah tidur lebih awal untuk memenuhi kebutuhan jam tidur Anda.

2. Makan makanan favorit

Keinginan ngemil sangat tinggi saat diet karena konsumsi makanan Anda dibatasi. Agar kepuasan emosional terjaga, sesekali Anda juga perlu mengonsumsi makanan favorit, tentunya dengan porsi yang sesuai.

3. Punya hobi

Keinginan ngemil seringkali muncul saat pikiran dan aktivitas sedang kosong. Karena itu, ada baiknya Anda memiliki hobi yang bisa mengalihkan perhatian Anda dari rasa lapar dan keinginan ngemil.

Baca juga: Diet untuk yang Hobi Ngemil

(mrs/up)
News Feed