Senin, 02 Apr 2018 12:33 WIB

4 Alasan Semangka Cocok untuk Jadi Camilan Saat Diet

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Camilan sehat merupakan elemen penting saat melakukan program diet penurunan berat badan. Camilan sehat idealnya tidak mengandung banyak kalori, kaya serat, dan memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Nah, semangka disebut-sebut sebagai buah yang tepat untuk menjadi camilan sehat saat diet. Semangka mengandung lycopene, enzim yang membuatnya berwarna merah. Lycopene sudah dibuktikan penelitian mampu membuat peredaran darah lancar hingga meningkatkan daya tahan tubuh.


Selain kandungan lycopene, ini empat alasan semangka cocok untuk dijadikan camilan sehat saat diet:

1. Rendah kalori

Semangka mengandung banyak air, dan diketahui sangat rendah kandungan kalorinya. 100 Gram semangka hanya mengandung 30 kalori dan 0 persen lemak jenuh.

2. Cepat bikin kenyang

92 Persen kandungan pada semangka adalah air. Karena itu, makan semangka akan membuat tubuh lebih mudah kenyang. Semangka juga kaya akan serat yang baik untuk sistem pencernaan, dan menjaga tubuh kenyang lebih lama.

3. Baik untuk otot

Olahraga saat diet bisa memberikan dampak pada otot-otot tubuhmu. Nah, makan semangka disebut baik untuk otot karena kandungan L-citrulline yang mempercepat perbaikan pada otot.

4. Mudah diolah

Sebagai camilan, semangka sangat mudah diolah. Dimakan begitu saja juga sudah enak. Namun jika bosan, kamu bisa mengolah semangka menjadi salad atau jus.

(mrs/up)
News Feed