Kamis, 26 Apr 2018 11:06 WIB

Dua Tipe Obesitas yang Kamu Perlu Tahu

Wednes Veronica Giawa - detikHealth
Sama-sama gemuk, tipe ginoid beda dengan tipe android (Foto: iStock) Sama-sama gemuk, tipe ginoid beda dengan tipe android (Foto: iStock)
Jakarta - Obesitas atau kelebihan berat badan itu dibedakan menjadi dua tipe. Jika kamu merasa memiliki berat badan yang berlebih, kenali dulu tipe yang manakah yang paling tepat menggambarkan kondisi kamu.

Tipe yang pertama adalah obesiyas tipe buah apel, atau disebut juga tipe android. Tipe ini memiliki ciri-ciri yaitu penumpukan lemak di sekitar dada, leher, dan muka.

Umumnya tipe ini ditemukan pada pria, serta wanita yang sudah menopause. Tipe ini berisiko 6 kali lebih besar terkena penyakit daripada orang yang punya berat badan normal. Di antaranya diabetes melitus, jantung koroner, stroke, pendarahan otak, hipertensi, bahkan kanker payudara.

"Karena organ-organ tubuh yang penting adanya di sekitar tubuh bagian atas (jantung, paru-paru, dan sebagainya). Maka, akan lebih tinggi risiko terkena penyakit," kata Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS, pakar gizi dari departemen ilmu dan teknologi pangan Institut Pertanian Bogor (IPB), di The Hook Cafe and Restaurant, Senopati, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Kabar baiknya, tipe ini lebih mudah untuk menurunkan berat badan.



Tipe obesitas berikutnya adalah tipe buah pir atau ginoid. Tipe ini memiliki ciri-ciri yaitu adanya penumpukan lemak di sekitar perut, pinggul dan paha.

Biasanya, tipe ini ditemukan hanya pada wanita. Tipe ginoid ini lebih aman dibandingkan dengan tipe android karena kemungkinan lebih kecil terserang penyakit. Sayangnya, tipe ini lebih susah untuk menurunkan berat badan.

(up/up)
News Feed