Kamis, 03 Mei 2018 14:07 WIB

Tips Sehat Konsumsi Makanan Bersantan Tanpa Khawatir Kolesterol

Firdaus Anwar - detikHealth
Ada banyak makanan khas Indonesia yang menggunakan santan. (Foto: Thinkstock) Ada banyak makanan khas Indonesia yang menggunakan santan. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Apakah rendang, opor, atau soto beberapa jenis masakan khas Indonesia diketahui menggunakan santan sebagai bahannya. Meski terasa gurih dan nikmat, satu hal yang sering jadi kekhawatiran orang-orang ketika mengonsumsi santan adalah meningkatnya kolesterol darah.

Hal ini dikatakan oleh pakar gizi dr Tan Shot Yen sebetulnya bisa dihindari bila seseorang mengonsumsi santan secara wajar. Kebiasaan jelek yang sering dilakukan masyarakat adalah berulang-ulang memanaskan santan meski usia masakan sudah beberapa hari.

Menurut dr Tan yang terjadi bila santan kerap dipanaskan berulang maka kandungan lemaknya akan semakin meningkat. Karena itu sebaiknya masakan bersantan dikonsumsi sekali langsung habis.

"Tipsnya kalau Anda bikin santan, masak pagi siang selesaikan. Santan di masak satu hari hanya sekali," kata dr Tan dalam seminar kesehatan pekerja di Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (3/5/2018).

Langkah kedua adalah batasi konsumsi makanan bersantan agar jangan lebih dari sekali seminggu.

Santan sendiri merupakan sumber lemak nabati yang memiliki fungsi melarutkan vitamin larut lemak yaitu vitamin A, D, E, serta vitamin K. Karena alasan itu tidak salah juga untuk sesekali mengonsumsi santan, bukan sama sekali menghindarinya.
(fds/up)
News Feed