Jumat, 04 Mei 2018 08:13 WIB

Kurangi Karbohidrat Terbukti Bisa Tunda Menopause Hingga 5 Tahun

Widiya Wiyanti - detikHealth
Mengurangi asupan karbo bisa tunda menopause hingga 5 tahun. Foto: iStock Mengurangi asupan karbo bisa tunda menopause hingga 5 tahun. Foto: iStock
Jakarta - Banyak yang sudah menerapkan diet rendah karbohidrat atau bahkan memangkas habis karbohidrat dalam menu makannya sehari-hari. Ternyata berdasarkan penelitian, mengurangi asupan karbohidrat bisa mengurangi risiko menopause dini bagi wanita.

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Epidemiology and Community Health ini meneliti 14 ribu orang di Inggris. Pada orang-orang yang selalu makan karbo rata-rata mengalami menopause lima tahun lebih awal dibandingkan orang yang lebih banyak mengonsumsi ikan dan kacang-kacangan. Pada penelitian ini, lebih dari 900 orang mengalami menopause dini.

"Penelitian ini adalah yang pertama untuk menyelidiki hubungan antara nutrisi individu dan berbagai kelompok makanan dengan usia menopause dalam kelompok besar wanita Inggris," ujar penulis utama, Yashvee Dunneram dari Fakultas Ilmu dan Gizi Makanan di Universitas Leeds seperti dikutip dari New York Post.


Makan ikan berminyak sehat seperti salmon, serta makan kacang-kacangan juga ditemukan bisa menunda menopause lebih dari tiga tahun, berkat tingkat antioksidan yang tinggi.

Tetapi lonjakan insulin yang dipicu oleh konsumsi karbohidrat olahan seperti nasi, roti, atau pasta diyakini mempercepat periode wanita dan menopause dini.

Peneliti Prof Janet Cade dari Sekolah Ilmu Pangan dan Nutrisi di Universitas Leeds mengatakan bahwa usia menopause dimulai saat muncul implikasi kesehatan yang serius pada wanita.

"Pemahaman yang jelas tentang bagaimana diet memengaruhi awal menopause akan sangat bermanfaat bagi mereka yang mungkin sudah berisiko atau memiliki riwayat keluarga dengan komplikasi tertentu yang berhubungan dengan menopause," ujarnya.

"Asupan vitamin B6 dan seng yang lebih tinggi sangat baik untuk menunda menopause datang lebih awal," lanjutnya.





(wdw/up)
News Feed