Rabu, 09 Mei 2018 14:10 WIB

Tergoda Manisnya Es Kepal? Ini Saran Dokter Buat Kamu yang Mau Cobain

Widiya Wiyanti - detikHealth
Manisnya es kepal yang kekinian memang sangat menggoda (Foto: detikFood) Manisnya es kepal yang kekinian memang sangat menggoda (Foto: detikFood)
Jakarta - Es kepal saat ini menjadi menu makanan yang sangat viral. Baik anak-anak hingga orang dewasa berlomba-lomba untuk membeli es kepal ini.

Berbagai varian rasa sudah hadir untuk memenuhi keinginan konsumen. Tapi sayangnya, topping yang digunakan untuk tambahan es kepal ini sangat penuh dengan rasa manis yang mengandung gula.

Ditemui di Hotel Ibis Senen, Jakarta Pusat, dokter dari Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr Wismandari Wisnu, SpPD, K-EMD, FINASIM, mengatakan bahwa boleh saja mengonsumsi es kepal yang manis itu sesekali waktu.

"Nyoba boleh lah. Sesekali nyoba biar kekinian. Nggak apa-apa, tapi kan porsinya besar saran saya beli tidak dimakan sendiri," ujarnya, Rabu (9/5/2018).



dr Wisma sangat tidak menganjurkan untuk mengonsumsi makanan tersebut terlalu sering, karena di dalamnya terkandung banyak gula yang dapat memicu timbulnya penyakit diabetes.

"Gula itu ada takarannya, sekitar 8 sendok teh sehari. 8 itu kan masuk dalam resep masakan juga yang suka pakai gula, untuk kue juga mengandung gula, semuanya sudah termasuk," jelasnya.

Maka dari itu, dr Wisma menyarankan untuk siapa saja yang ingin mengonsumsi satu porsi es kepal sebaiknya dimakan bersama-sama dengan teman ataupun keluarga.



[Gambas:Video 20detik]



(wdw/up)
News Feed