Selasa, 15 Mei 2018 17:31 WIB

Sudah Kurangi Porsi Makan Tapi Berat Badan Tak Kunjung Turun, Mengapa?

Annisya Heriyanti - detikHealth
Kenapa sudah kurangi porsi makan tapi berat badan tidak menurun? Foto: Thinkstock Kenapa sudah kurangi porsi makan tapi berat badan tidak menurun? Foto: Thinkstock
Jakarta - Menurunkan berat badan memang bukan perkara mudah. Meski sudah mengurangi porsi makan, tetap saja berat badan tak kunjung berkurang.

Apakah kamu salah satunya yang mengalami hal ini? Jangan khawatir, mungkin kamu hanya perlu memperhatikan jumlah kalori yang masuk dan keluar.

"Orang yang tak kunjung turun berat badannya karena jumlah kalori yang masuk lebih banyak dibandingkan yang keluar", ujar dr Yoga Devaira dalam seminar Kesehatan dan Gizi Remaja di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan, Selasa (15/5/2018).


Terdapat dua aspek yang harus diperhatikan untuk menurunkan berat badan, yaitu mengurangi jumlah kalori yang masuk dengan cara mengatur atau mengurangi porsi makan, dan meningkatkan jumlah kalori yang keluar dengan cara aktivitas fisik seperti olahraga.

dr Yoga membolehkan mengurangi porsi makan, namun tidak menganjurkan seseorang untuk mengurangi porsi makan secara drastis.

"Tidak dianjurkan mengurangi porsi makan yang dratis, ini akan mengakibatkan perasaan yang selalu lapar. Jadi mengurangi porsi makan harus bertahap", lanjutnya.

Hal yang perlu diperhatikan lagi adalah gaya hidup. Yaitu dengan cara mengurangi konsumsi gula, goreng-gorengan, es, dan makanan siap saji.

Dengan menghindari sejumlah kalori dari makanan tersebut, tubuh kita akan memiliki kesempatan untuk menurunkan berat badan. Pasalnya kandungan yang terdapat dalam gorengan akan meninggalkan sisa lemak, dan es yang kita minum akan membekukan lemak tersebut.

(wdw/wdw)
News Feed