Jumat, 25 Mei 2018 06:05 WIB

Ingin Sehat dengan Diet Nordik? Begini Menu Makannya

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Diet Nordik mengandalkan ikan segar sebagai bahan makanan andalannya. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Diet Nordik mengandalkan ikan segar sebagai bahan makanan andalannya. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Diet Nordik merupakan diet yang meniru menu makan bangsa Skandinavia. Berbasis ikan, manfaat sehat diet Nordik sudah dibuktikan melalui penelitian.

Diet Nordik di antaranya bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Bahkan penelitian lainnya menyebut diet Nordik juga baik dilakukan jika kamu ingin menurunkan bobot badan.



Lalu, bagaimana menu makan harian diet Nordik? Layne Lieberman, pakar diet sekaligus penulis buku Beyond the Mediterranean Diet: European Secrets of the Super-Healthy, menyebut komposisi makanan diet Nordik adalah adalah kombinasi ikan lemak tinggi (herring, makarel, salmon) dan ikan lemak rendah (cod, haddock, halibut) yang ditambah dengan sayuran dan whole grains.

"Untuk sarapan, menu yang disarankan adalah buah-buahan dan produk olahan susu khas Skandinavia seperti skyr dan kefir," ujar Layne.

Untuk variasi, sarapan juga bisa dilakukan menggunakan bubur gandum atau oatmeal yang ditambahkan dengan buah berry dan buah kering.

Uniknya menu makan siang diet Nordik tidak terlalu banyak porsinya. Roti, salad, ditambah dengan menu ikan dan telur harus ada di piring Anda.

Bagaimana dengan makan malam? Menu ikan segar tetap jadi andalan. Jika ingin, Anda bisa menambahkan sedikit daging namun porsi terbanyak harus tetap sayuran.

"Setengah dari piring Anda harus diisi oleh sayuran seperti asparagus dan kacang hijau. Jika mau, Anda bisa menambah jamur untuk variasi," paparnya lagi.

(mrs/up)
News Feed