Minggu, 03 Jun 2018 10:19 WIB

Berat Badan Turun Terlalu Cepat? Waspadai Pengeroposan Tulang

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kepadatan tulang berhubungan juga dengan keseimbangan nutrisi (Foto: Thinkstock) Kepadatan tulang berhubungan juga dengan keseimbangan nutrisi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Jangan buru-buru girang ketika angka di timbangan cepat berkurang. Menurut penelitian terbaru, turunnya berat badan berhubungan juga dengan berkurangnya kepadatan tulang.

Penelitian ini dipublikasikan di Journal of Bone and Mineral Research. Para ilmuwan dalam penelitian itu menemukan bukti bahwa turunnya berat badan bisa menyebabkan memburuknya kepadatan tulang, juga struktur dan kekuatannya.

Menurut para ilmuwan, kepadatan tulang yang memburuk teramati pada partisipan yang berat badannya berkurang dalam jangka pendek yakni 4-6 tahun. Juga pada kelompok yang mengalaminya dalam jangka lebih panjang, yakni lebih dari 40 tahun.

"Memiliki perburukan mikro-arsitektural pada tulang, dibandingkan mereka yang berat badannya tidak berkurang," kata Douglas P Kiel, MD, MPH yang memimpin penelitian ini, dikutip dari Sciencedaily.



Perubahan struktur tulang itu dinilai cukup signifikan, dan diterjemahkan sebagai 3 kali lipat lebih berisiko mengalami retak atau patah tulang untuk mereka yang kehilangan 5 persen berat badan atau lebih selama 40 tahun.

"Mungkin perlu mempertimbangkan menangkal efek tersebut dengan intervensi seperti latihan beban dan makan dengan diet seimbang," kata Elizabeth Samelson, PhD yang juga turut menyusun laporan ilmiah tersebut.

(up/up)
News Feed