Selasa, 05 Jun 2018 04:10 WIB

Bolehkah Memanfaatkan Puasa untuk Diet?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Banyak yang melakukan diet sembari berpuasa (Foto: Thinkstock) Banyak yang melakukan diet sembari berpuasa (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Diet dengan cara berpuasa bukan lagi hal yang asing untuk dilakukan, sebut saja seperti diet 5:2 dan diet ular yang mengusung cara berpuasa. Namun apakah aman memanfaatkan puasa Ramadan untuk berdiet?

Menurut dr Jenny M Kusumo, SpGK, spesialis gizi klinik dari OMNI Hospitals, puasa Ramadan bisa saja dijadikan proses untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar tidak membahayakan tubuh.

"Tetap harus memperhatikan jumlah dan jenis asupan. Setelah berpuasa seharian, bukan berarti boleh makan semaunya. Makan berlebihan ata balas dendam malah akan membuat pencernaan bermasalah seperti sakit mag dan lain-lain," tuturnya kepada detikHealth.

Makan berlebihan saat berbuka puasa tak jarang terjadi terutama akibat rasa lapar setelah berpuasa selama 14 jam, yang bisa mengakibatkan beberapa masalah pencernaan seperti mag atau gejala dispepsia.



Dispepsia merupakan istilah kedokteran untuk sekumpulan sindrom yang mengindikasikan suatu masalah pencernaan. Yaitu timbulnya rasa tidak nyaman pada saluran cerna bagian atas atau di ulu hati.

Agar dietmu berhasil dan tidak menimbulkan masalah pencernaan, dr Jenny menyarankan untuk mengurangi makanan yang terlalu manis dan berlemak. Dan juga konsumsi protein dalam jumlah cukup disertai karbohidrat kompleks.

"Minum air putih yang cukup. Serta lakukan aktivitas seperti biasa, jangan bermalas-malasan," tandasnya.





Tonton juga 'Mau Sukses Diet Saat Puasa?':

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)
News Feed