Selasa, 05 Jun 2018 09:15 WIB

Sering Makan Sayur dan Minum Air, Kenapa Masih Susah BAB?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Sembelit saat sedang mudik? Jangan sampai deh. (Foto: Thinkstock) Sembelit saat sedang mudik? Jangan sampai deh. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Apakah kamu pernah mengalami susah buang air besar meski sudah rajin memakan sayur yang kaya serat dan minum air? Bisa jadi karena asupan serat dan air yang kamu konsumsi tidak dalam porsi yang seimbang.

"Faktor terjadinya sembelit bukan hanya tergantung serat dan air. Serat yang banyak disertai asupan air yang tidak cukup justru akan menyebabkan sembelit," tutur dr Jenny M Kusumo, SpGK, spesialis gizi klinik dari OMNI Hospitals Alam Sutera, Tangerang, kepada detikHealth, Senin (4/6/2018).

Maka dari itu, penting untuk menyeimbangkan asupan serat dan air. Selain itu, dr Jenny menyebutkan faktor seperti gaya hidup kurang bergerak (sedenter), obat-obatan, stres dan faktor hormonal mempengaruhi terjadinya sembelit.


Untuk mengatasinya, ia juga menyarankan untuk banyak mengonsumsi probiotik yang kaya serat yang mampu atasi sembelit. Seperti yogurt, kefir, tempe atau kimchi.

Ditemui terpisah, dr Handy Wing, SpB, FBMS, FICS, dokter spesial bedah umum di rumah sakit yang sama, menyebutkan jika masih tetap susah BAB meski sudah memperbanyak serat dan meminum air, ia menyarankan untuk menjadwalkan 'nongkrong' di kamar mandi.

"Jadi tentukan waktumu buat BAB. Pas jam itu, kamu nongkrong aja di toilet, mau BAB atau nggak yang penting nongkrong. Jadi itu semacam ngatur waktu tubuh supaya kamu terbiasa untuk BAB di jam tersebut yang nanti jadi rutin," tuturnya kepada detikHealth, baru-baru ini.

(frp/up)
News Feed