Sabtu, 09 Jun 2018 18:16 WIB

Bincang Sehat

Seberapa Ideal Sih Badan Kamu? Begini Cara Menghitungnya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: 20detik Foto: 20detik
Jakarta - Apakah kamu tahu badanmu sudah termasuk ideal? Atau terlalu kurus? Atau mungkin bahkan kegemukan? Banyak yang belum tahu bagaimana cara mengukur berat badan, atau bahkan bagaimana berat badan yang ideal.

"Ada banyak cara untuk dapat mengukur berat badan kita. Tapi yang paling gampang adalah menggunakan rumus indeks massa tubuh atau yang disebut dengan body mass index," tutur dr Handy Wing, SpB, FBMS, FICS dari OMNI Hospitals Alam Sutera, Tangerang.

Caranya yakni dengan membagi berat badanmu dengan tinggi badanmu lalu dikuadratkan. Hasilnya akan menentukan apakah berat badanmu ideal atau masuk ke kategori lainnya.


Idealnya, berat badan orang Asia normal berkisar antara angka 18,50 - 25,00. Jika di bawahnya, berarti termasuk dalam kategori underweight alias berat badan kurang, dan berada di atasnya berarti termasuk kategori overweight atau kegemukan.

"Kalau di atas 30,00 disebut mengalami obesitas. Kalau mau lebih simpel bisa juga gunakan aplikasi penghitung yang bisa didownload di smartphone," imbuh dokter yang juga pernah menangani operasi bariatrik lambung dari bocah obesitas asal Karawang, Aria Permana ini.

Begini klasifikasi kategori berat badan sesuai dengan rumus indeks massa tubuh. Kamu yang mana?Begini klasifikasi kategori berat badan sesuai dengan rumus indeks massa tubuh. Kamu yang mana? Foto: 20detik

Berat badan yang obesitas sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Menurut dr Handy, banyak sekali penyakit yang bisa ditimbulkan oleh obesitas, seperti hipertensi, serangan jantung, dan yang paling sering adalah timbulnya nyeri sendi akibat sendi dan tulang yang menahan beban berlebih.

Nah, apakah kamu sudah mencoba mengukur indeks massa tubuhmu? Apakah masuk kategori ideal? Bagi di kolom komentar yuk, Healthy Friends!



Simak juga video 20Detik berikut ini untuk mengetahui bagaimana cara mengukur berat badan idealmu:

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)
News Feed