Selasa, 12 Jun 2018 13:07 WIB

Pangkas Asupan Kalori 15 Persen Bisa Bikin Kamu Awet Muda

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Hanya dengan memangkas asupan kalori harian, tubuh bisa awet muda dan panjang umur. Foto: Thinkstock Hanya dengan memangkas asupan kalori harian, tubuh bisa awet muda dan panjang umur. Foto: Thinkstock
Jakarta - Ingin awet muda? Ilmuwan punya solusinya. Penelitian terbaru menyebut awet muda dan umur panjang bisa didapat hanya dengan mengurangi asupan kalori harian.

Leanne M. Redman dari Pennington Biomedical Research Center, Louisiana State University, menyebut memangkas asupan kalori harian sebanyak 15 persen selama 2 tahun mampu memperlambat proses metabolisme tubuh, membuat tubuh menua lebih lambat dan risiko penyakit degeneratif berkurang.

"Tidak pernah terlambat untuk hidup lebih sehat. Mengurangi asupan kalori memiliki banyak manfaat sehat, bagaimanapun kondisi mereka saat ini," ungkap Redman, dikutip dari CNN.



Penelitian dilakukan kepada pria dan wanita berusia 25 hingga 45 tahun. Para partisipan diberikan menu diet yang membuat asupan kalorinya berkurang hingga 15 persen.

Hasil penelitian menyebut mengurangi asupan kalori bisa membuat bobot berkurang 9 kg dalam waktu satu tahun, dan penurunan masih terlihat di tahun kedua. Sistem metabolisme tubuh juga melambat hingga 10 persen, membuat tubuh lebih efisien memproduksi energi dari makanan dan oksigen.

Lalu, apa hubungan metabolisme dengan awet muda? Redman mengatakan setiap proses produksi energi pasti menghasilkan sisa, dalam hal ini radikal bebas di tubuh. Terlalu banyak radikal bebas membuat umur sel menjadi pendek dan risiko kerusakan organ meningkat.

Nah, mengurangi asupan kalori membuat proses produksi energi menjadi efisien. Semakin efisien proses produksi energi, semakin kecil pula radikal bebas yang dihasilkan.

"Dengan begitu kesehatan sel dan organ-organ tubuh lebih terjaga, membuat umur Anda lebih panjang dan fungsi organ tubuh tidak mudah menurun," tutupnya.

(mrs/up)
News Feed