Rabu, 13 Jun 2018 11:03 WIB

Overweight Pasti Tidak Sehat? Cek IMT Para Pemain Piala Dunia 2018

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: Carlos Lemos/Reuters Foto: Carlos Lemos/Reuters
Jakarta - Menjelang Piala Dunia 2018, FIFA merilis data berat badan dan tinggi badan pemainnya. Salah satunya adalah Roman Torres asal Panama yang disebut sebagai pemain terberat. Jika dihitung dengan rumus indeks massa tubuh, maka ia akan masuk kategori overweight meski tidak terlihat gemuk.

Dalam hal atlet, dr Michael Triangto, SpKO, spesialis olahraga dari RS Mitra Kemayoran, menyebutkan bahwa indeks massa tubuh tidak bisa dijadikan satu-satunya acuan untuk mengukur berat badan ideal mereka.

Akan tetapi, apakah mereka tetap bisa masuk kategori overweight jika berat badannya memang berlebihan?


"Bisa, tetap mengacu ke berat badan ideal, tapi sekali lagi kita harus memperhatikan hal lain seperti kolesterol tubuh, kolesterol dalam darah," kata dr Michael kepada detikHealth, Selasa (12/6/2018).

Ia menekankan ada beberapa cabang olahraga yang tidak mementingkan hitungan indeks massa tubuh, seperti gulat dan binaraga. Jika seorang atlet terlihat memiliki berat badan yang lebih dari berat badan ideal, maka umumnya akan diberlakukan program latihan khusus.

"Yang jelas kita akan berusaha membuat tubuhnya jadi ideal, lewat mengatur pola makan yang lebih baik, dan olahraga yang lebih baik. Semua dilakukan secara berkesinambungan. Tentunya ada program latihan, setiap coach harus mampu memberi pelatihan yang bersifat individu," jelas dr Michael.



(frp/up)
News Feed