Cegah 'Kalap' Beli Camilan Tak Sehat, Jangan Lupakan Trik-trik Ini

ADVERTISEMENT

Cegah 'Kalap' Beli Camilan Tak Sehat, Jangan Lupakan Trik-trik Ini

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Selasa, 05 Mei 2015 10:36 WIB
ilustrasi: Thinkstock
Jakarta - Saat sedang pergi berbelanja bulanan, seringkali kita mengalami 'lapar mata' terutama di lorong camilan manis yang tak sehat seperti permen, keripik, dan lain-lain. Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, yuk coba tangkal dengan cara-cara berikut.

Langkah pertama yang perlu Anda perhatikan jika hari ini berencana belanja ke supermarket, pastikan perut sudah terisi. Sebab perut lapar saat berbelanja akan membuat Anda kalap saat berbelanja. Ingat, di mata orang lapar, semua makanan terlihat menarik. Menurut peneliti, saat orang lapar berbelanja, kemungkinan untuk membeli makanan tinggi kalori akan menjadi lebih besar.

"Lapar bisa menyebabkan orang belanja makanan tinggi kalori lebih banyak, walaupun mereka tidak menyadarinya," tulis para peneliti dalam jurnal American Medical Association, dan dikutip pada Selasa (5/5/2015).

Baca juga: Jangan Malas Minum Air Putih! Dehidrasi Bikin Gemuk dan Imun Memburuk

Kemudian, siapkan daftar belanjaan yang akan dibeli. Tetap berpendirian pada daftar yang telah Anda buat dan cobalah untuk berkomitmen tidak membeli makanan atau minuman selain yang telah Anda tulis sebelumnya. Masukkan asupan seperti buah-buahan sebagai camilan, susu rendah lemak, roti gandum, oatmeal, dan sayuran.

Langkah lainnya adalah dengan membawa buah, misalnya apel, dan makanlah buah tersebut sebelum pergi berbelanja. Sebuah studi mengungkapkan ngemil buah seperti apel sebelum pergi belanja bahwa bisa membuat seseorang membeli 25 persen lebih banyak buah dan sayur lho.

Pemimpin peneliti ini, Dr Aner Tal dari Cornell University mengatakan bahwa mengonsumsi camilan sehat sebelum pergi berbelanja dapat menempatkan pola pikir sehat pada orang tersebut. Kebiasaan ini juga membuat mereka cenderung lebih memilih pilihan yang lebih sehat.

"Tidak hanya akan membantu mengurangi rasa lapar, makan camilan sehat seperti buah juga mendorong seseorang untuk memilih makanan yang lebih sehat saat belanja," paparnya, seperti dikutip dari Science Daily.

Terakhir, jika Anda ingin membeli yoghurt atau sereal, pilihlah yang tanpa rasa atau plain. Sebab produk yang memiliki varian rasa biasanya sudah dicampur dengan pemanis buatan. Disebutkan juga bahwa produk yang rasanya orisinal memiliki nutrisi terbaik, jika dibandingkan dengan yang mengandung perasa tambahan.

Baca juga: Kabar Gembira! Studi Sebut Ekstrak Brokoli Bisa Bantu Cegah Kanker (Ajeng Anastasia Kinanti/AN Uyung Pramudiarja)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT