Sabtu, 30 Jan 2016 12:07 WIB

Mau Langsing Tapi Suka Ngemil? Makan Semangka Solusinya

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Menurunkan berat badan bukan berarti Anda tak boleh ngemil lho. Boleh-boleh saja tetap ngemil, asalkan pilihan camilan Anda tetap bergizi dan penuh nutrisi. Salah satu yang bisa dijadikan alternatif adalah semangka.

Untuk membantu proses penurunan berat badan, asupan kalori tentu tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Kalori tetap harus seimbang. Nah, seporsi semangka potong segar diketahui mengandung sekitar 80 kalori.

Diketahui juga porsi ini mengandung sekitar 21 gram karbohidrat, 30 persen dari kebutuhan harian vitamin A, 25 persen dari vitamin C, serta 8 persen dari kalium. Nutrisi ini membuat semangka menjadi salah satu buah ideal untuk membantu menurunkan berat badan.

"Semangka juga memiliki kepadatan energi yang rendah, yang berarti bahwa ia memiliki sejumlah kecil kalori dalam porsi besar. Makanan dengan kepadatan energi yang rendah sangat berguna untuk menurunkan berat badan karena mereka membuat kenyang tanpa menambahkan kalori terlalu banyak," ujar pakar gizi Jillian Michael.

Baca juga: Dibanding Jus, Kunyah Buah Stimulasi Rasa Kenyang dan Sehatkan Pencernaan

Dilanjutkan oleh Jillian, salah satu alasan semangka memiliki kepadatan energi yang rendah adalah karena ia memiliki kadar air yang tinggi. Hal ini dapat membantu Anda tetap terhidrasi.

Menurut Cleveland Clinic, antioksidan yang dimiliki oleh semangka juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan alami tubuh serta mengurangi risiko penyakit jantung. Ketika dikonsumsi sebagai bagian dari diet seimbang, semangka dan buah lainnya dapat mengurangi risiko stroke, batu ginjal, pengeroposan tulang, diabetes dan kanker.

Sementara itu menurut dosen jurusan Gizi di Politeknik Kesehatan Jakarta II, Rita Ramayulis, DCN, MKes, semangka dapat membantu program penurunan berat badan karena dapat dikonsumsi kapan saja, terutama saat merasakan lapar atau jika Anda baru saja mengonsumsi makanan yang tak seimbang. Satu porsi hidangan semangka utuh mengandung densitas energi sangat rendah, yaitu 0,27.

"Kombinasi air dan gulanya berdasarkan hasil penelitian komposisinya bagus. Memberikan rasa kenyang lebih lama, tapi densitas energinya rendah. Kombinasi ini membuat dia bertahan lebih lama di lambung dan memberikan rasa kenyang. Jadi baik sekali untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan supaya tidak terpancing untuk makan berlebihan," terang Rita kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ingin Turun Berat Badan 6 Kg per Tahun? Olahraga dan Ngemil Buah Ini Ya

(ajg/vit)