Senin, 15 Feb 2016 17:30 WIB

Rahasia Nagina Turun Bobot 18 Kg: Tambahkan Rempah-rempah di Masakan

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Masalabody
New York - Sudah bertahun-tahun Nagina Abdullah (38) mencoba menurunkan berat badannya yang melonjak pasca melahirkan anak keduanya. Justru, kerap kali Nagina malah mengalami diet yo-yo. Hingga akhirnya, ia menemukan cara tak terduga dalam menurunkan bobotnya yakni menambahkan rempah-rempah di masakannya.

Nagina menuturkan, selama ini ia kerap menghitung kalori yang diasupnya dan selalu merasa lapar. Bahkan, menjadi perhatian orang lain ketika ia tengah berjalan-jalan di sore hari bersama putrinya menjadi pengalaman yang tak mengenakkan.

Dikutip dari situsnya, Masalabody, Nagina mengatakan dengan menambahkan rempah-rempah di masakannya, berat badan wanita berambut panjang ini turun 4 kg dalam sebulan. Dalam setahun, Nagina total bisa menurunkan bobotnya 18 kg.

Meskipun, dalam situsnya ia tidak menuliskan berapa berat badan sebelum dan sesudah berdiet, tetapi dalam foto yang terpajang di situsnya tampak jelas perubahan pada tubuh Nagina. Ia mengatakan, jika Anda mengonsumsi satu sendok teh jinten tiap hari selama tiga bulan, kemungkinan besar Anda bisa menurunkan berat badan bahkan tiga kali lebih banyak dari yang dialami Nagina.

"Setelah anak ke-dua saya lahir, saya sering mengeluh sakit dan nyeri di punggung bawah. Pakaian lama saya tidak ada yang muat dan saya merasa minder. Akhirnya saya punya target untuk menurunkan berat badan setidaknya 9 kg karena saya takut badan saya tidak bisa kembali seperti semula," tutur Nagina.

Baca juga: Cabai Bisa Bikin Anda Langsing dalam 3 Cara

Dikatakan Nagina, ia selalu mencampurkan kayu manis ke smoothies yang menjadi menu sarapannya. Menurut Nagina, kayu manis bisa membantu mengelola kadar insulin sehingga gula darah tetap rendah. Tak hanya, itu, guna meningkatkan metabolisme tubuhnya, Nagina juga menaburkan kacang di smoothiesnya yang sudah dicampur dengan bubuk cabai merah serta garam, merica, dan jintan.

Untuk menu makan malam, jika tak punya banyak waktu, Nagina akan membumbui ayam dengan jintan, jahe, bawang putih, jalapenos, paprika bakar, dan ketumbar. Kemudian, sayuran seperti kembang kol yang dipadukan dengan kacang dan wortel ia campur dengan kunyit untuk membantu mengurangi peradangan.

"Namun, patut diingat bahwa saya tidak hanya menambahkan rempah-rempah saja di makanan saya saja. Aktif bergerak dan istirahat cukup tetap penting dijalani. Setidaknya dua kali seminggu, saya berolahraga dan yang paling sederhana, saya berjalan kaki dengan anak saya," kata Nagina memberi pesan.

Menanggapi apa yang dilakukan Nagina, praktisi  gaya hidup sehat, Dr Mariza Snyder yang juga penulis 'The Matcha Miracle' menuturkan rempah-rempah memang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Tapi, gaya hidup aktif dan pola makan serta istirahat yang benar juga memegang peranan penting.

"Sebisa mungkin hindari makanan olahan dan pilihlah diet tinggi nabati, itu amat baik," ujar Snyder.

Baca juga: Risiko yang Harus Ditanggung Jika Terlalu Kurus

(rdn/vit)