Rabu, 25 Mei 2016 19:03 WIB

Ini Sebabnya Jus Buah Dianjurkan Segera Diminum Setelah Selesai Dibuat

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Jus bisa jadi salah satu cara untuk mengonsumsi buah. Jika memang hendak menjadikan buah sebagai jus, setelah diproses baiknya jangan terlalu lama untuk menunda meminumnya ya.

Seperti penuturan Kepala Departemen Gizi RS Cipto Mangunkusumo Dr dr Fiastuti Witjaksono MSc, MS, SpGK, baiknya jus setelah diproses segera diminum, tidak dibiarkan apalagi disimpan di dalam kulkas terlalu lama. Mengapa?

"Supaya vitamin di buahnya tetap optimal. Kalau disimpan, kandungan vitamin di dalamnya tidak optimal lagi. Sama seperti buah yang dipotong lalu dibiarkan kan mengalami oksidasi sehingga kandungan vitaminnya tidak lagi optimal. Begitu juga kalau jus dibiarkan terlalu lama," tutur dr Fias di Media Workshop Zespri 'Awali dengan Buah' di Double Tree Hotel, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (25/5/2016).

Meski memang kandungan vitamin C pada buah sudah tak lagi optimal, dikatakan dr Fias masih terdapap cairan, enzim, serta serat yang terkandung di dalamnya. Untuk itu, ketika mengolah buah menjadi jus, akan lebih baik tidak disaring supaya kandungan seratnya masih ada.

Baca juga: Buah Dijadikan Jus atau Smoothie, Mana yang Lebih Menyehatkan?

Jika memang terpaksa menyimpan sejenak jus di dalam kulkas, usahakan dalam wadah yang benar-benar tertutup. Lalu, ketika membuat jus, jika buah yang diolah sudah manis, menurut dr Fias tidak perlu lagi menambahkan gula atau susu kental manis. Justru ia menyarankan untuk mencampurkannya dengan kurma sebagai pemberi rasa manis karena kurma mengandung serat yang cukup tinggi.

"Pokoknya prinsipnya kita hindari buah ini dikupas lalu terpapar udara luar dan sinar matahari terlalu lama. Bagus sekali kalau buah dikupas saat mau dimakan, jadi nggak ada kesempatan buah ini dibiarkan kan," tutur dr Fias.

Mengolah buah menjadi smoothies yang dicampur dengan beberapa jenis sayur menurut dr Fias juga boleh-boleh saja. Disarankan, gunakan buah atau sayur segar yang sebelumnya disimpan di kulkas sehingga ketika diolah tak perlu lagi ada tambahan es batu. Tapi, itu dikembalikan lagi pada selera masing-masing orang.

Baca juga: Hati-hati, Jus Buah Bisa Jadi Tak Sehat Kalau Dikonsumsi Seperti Ini (rdn/vit)
News Feed