ADVERTISEMENT

Senin, 11 Jul 2016 16:31 WIB

Tak Cuma Turunkan Bobot, Banyak Makan Buah dan Sayuran Juga Bikin Happy

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: iStock
Jakarta - Konsumsi sayur dan buah biasanya identik dengan pola makan sehat dan penurunan berat badan. Nah, kini studi mengungkapkan adanya manfaat tak terduga lain.

Studi yang dilakukan oleh peneliti dari Warwick University menemukan bahwa konsumsi lima porsi buah dan sayur setiap hari tak cuma sekadar menyehatkan tubuh secara fisik, tapi juga mental.

"Banyak makan sayur dan buah juga bisa memperbaiki mood, bikin suasana hati jadi gembira. Tingkat kegembiraan ini juga meningkat untuk setiap porsi ekstra, dan umumnya akan jelas terlihat setelah 8 hari," tutur Prof Andrew Oswald dari Warwick, seperti dikutip dari Mirror, Senin (11/7/2016).

Baca juga: Kandungan dalam Buah Semangka Bisa Bantu Jaga Kesehatan Pembuluh Darah

Menurut Oswald, kebiasaan mengonsumsi buah dan sayuran ini secara sugesti membuat seseorang termotivasi hidup sehat dan lebih rajin berolahraga. Selain itu, secara fisik mereka juga mendapatkan manfaat lainnya seperti terlindungi dari beberapa jenis penyakit ringan.

Studi ini diikuti lebih dari 12 ribu warga Australia yang dipilih secara acak. Mereka diminta untuk mencatat pola makannya, serta diperiksa secara psikologis rutin.

Hasil penelitian menunjukkan adanya manfaat psikologis positif yang besar pada mereka yang memasukkan buah dan sayur dalam diet sehari-hari.

"Kami berharap hasil studi ini efektif dalam meyakinkan orang-orang untuk memiliki pola makan yang sehat, termasuk mengonsumsi buah dan sayuran," papar peneliti lainnya dari Queensland, Dr Redzo Mujcic.

Studi ini telah dipublikasikan dalam American Journal of Public Health.

Baca juga: Trik Simpel Tingkatkan Imunitas si Kecil Agar Tak Mudah Sakit


(ajg/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT