ADVERTISEMENT

Sabtu, 23 Jul 2016 15:32 WIB

Tak Semua Makanan Vegetarian Rasanya Hambar, Bisa Kok Diakali

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: gettyimage
Jakarta - Tak sedikit orang yang enggan menerapkan diet vegetarian meski tahu apa saja manfaat yang bisa didapatkan. Salah satu alasannya adalah karena vegetarian dianggap bercita rasa hambar.

Menurut Drs Susianto, dr Hendry Widjaja, MARS dan Helda Mailoa, SST Gizi, dalam bukunya yang berjudul 'Diet Enak ala Vegetarian', selain memikirkan tentang pemenuhan gizi, mereka yang menerapkan diet vegetarian juga bisa mengakali beberapa hal lainnya terkait pemilihan makanan yang bercita rasa enak.

Ini dilakukan agar Anda bisa lebih konsisten dalam menerapkan diet vegetarian, sekaligus tetap sehat karena kebutuhan nutrisi selalu tercukupi.

Baca juga: Agar Vegetarian Tak Kekurangan Gizi, Begini Aturan Makanannya

"Makanan vegetarian kan biasanya identik terasa hambar. Pada dasarnya, kelezatan makanan itu bergantung pada bahan penyedap rasa dan bumbu yang digunakan. Bisa ditambahkan kacang-kacangan atau sereal," ungkap para penulis, seperti dikutip pada Jumat (22/7/2016).

Yang pasti, sebaiknya jangan gunakan bumbu yang sama pada setiap masakan karena dapat menimbulkan rasa jenuh setiap kali Anda hendak makan.

Selain itu, porsi makanan matang dan mentah dalam satu hari juga sebaiknya diperhitungkan agar kebutuhan nutrisi tertentu bisa terpenuhi. Misalnya vitamin dan mineral, biasanya kandungan ini terdapat di dalam sayuran atau buah.

"Sayur dan buah yang dimakan mentah tidak akan kehilangan gizinya. Tapi ingat, harus dicuci dulu," imbuh penulis.

Baca juga: Mau Mulai Jadi Vegetarian Jangan Ekstrem, Lakukan Secara Bertahap (ajg/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT