Sabtu, 22 Apr 2017 17:05 WIB

Sudah Berhasil Turun Berat Badan, Kok Tiba-tiba Naik Lagi Ya?

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Baru saja senang karena berat badan akhirnya berhasil turun, tapi kok tiba-tiba naik lagi dengan cepat ya? Hmm, Anda perlu mengenali faktor-faktor penyebabnya.

Dikutip dari Body and Soul, nutrisionis Dr Tim Crowe menuturkan bahwa seringkali mempertahankan berat badan memang lebih sulit dibandingkan menurunkannya. Salah satu pemicu yang sering disebut-sebut adalah menurunnya metabolisme tubuh.

"Namun demikian, pola makan yang tepat dan dilakukan secara berangur-angsur pun perlu diterapkan agar metabolisme tak berubah drastis," ujar Crowe.

Baca juga: Agar Diet Sukses, 4 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan Saat Makan Siang

Selain itu, penyebab lain berat badan mudah naik adalah karena proses 'diet instan' yang dilakukan sebelumnya untuk menurunkan bobot. Jika Anda melakukan penurunan berat badan dengan ekstrem dan cepat, misalnya hanya dengan mengurangi jadwal makan, hitung kalori secara ketat, serta minum air putih berlebihan, maka berat badan Anda akan cepat turun dan cepat naik kembal.

Kebiasaan-kebiasaan ini umumnya bersifat jangka pendek dan sulit untuk dipertahankan dalam jangka panjang. Dengan menahan lapar dan mengurangi jam makan, Anda justru berpotensi menjadi lebih mudah tergoda untuk 'balas dendam'. Saat balas dendam inilah kemudian Anda bisa jadi makan jauh lebih banyak dari yang sebenarnya dibutuhkan tubuh.

"Maka dari itu, carilah gaya hidup jangka panjang yang bisa Anda sesuaikan. Jangan lakukan semuanya secara tiba-tiba dan ekstrem, karena Anda cenderung akan cepat bosan dan merasa terbebani. Ada waktunya Anda akan berubah kembali pada kebiasaan lama, bobot pun jadi naik kembali," imbuh Crowe.

Hindari juga menjadikan makanan sebagai koping untuk mengatasi masalah, termasuk saat Anda stres, kelelahan, atau bosan. Kebiasaan ini disebutkan Crowe dapat juga memengaruhi peningkatan berat badan Anda.

"Identifikasi pemicu nafsu makan naik, misalnya stres. Saat Anda mengalaminya, carilah pengalih lain selain makanan seperti berjalan-jalan, menelepon teman, atau mandi air hangat," pesan Crowe.

Baca juga: 8 Diet Paling Nyeleneh: Makan Kapas Hingga Es Batu Demi Langsing (1)

(ajg/vit)