Rabu, 24 Mei 2017 18:05 WIB

Yuk Simak! Trik Jitu Atasi Keinginan Ngemil Gorengan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Ilustrasi gorengan (Foto: Detikfood)
Jakarta - Gorengan adalah salah satu makanan yang digemari untuk mengganjal perut sementara. Padahal umumnya gorengan tinggi kalori sehingga kebiasaan ngemil gorengan bisa bikin badan melar. Bagaimana mengatasinya?

Diutarakan Nita Junita, wanita yang telah sukses memangkas bobot tubuh hingga 32 kg dan juga menginspirasi banyak orang, saat muncul keinginan mengemil tergantung dari mindset atau pola pikir orang tersebut. Sebab kata Nita, pada dasarnya tubuh tidak memerlukan jenis makanan seperti goreng-gorengan.

"Misal pingin makan gorengan deh, jadi di hadapan gorengan tuh mikir, gue butuh ini nggak ya? Kayaknya nggak deh. Kayaknya perut tuh nggak beneran lapar," tegas Nita, sapaan akrabnya, kepada detikHealth.

Baca juga: Mau Ngemil Usai Sarapan Tapi Takut Gemuk? Ini 4 Pilihan 'Amannya'

Untuk mengatasinya, lanjut Nita, cara yang paling mudah dan membuat perut kenyang adalah minum air putih. Apalagi terkadang saat seseorang merasa ingin ngemil, sebenarnya tidak benar-benar lapar. Bisa jadi yang bersangkutan haus namun diterjemahkan dengan ingin makan. Ada pula yang menjadikan kegiatan ngemil untuk mengisi waktu atau sekadar iseng.

Nita menambahkan, selain air putih, cemilan yang paling aman adalah buah potong, seperti semangka, melon dan juga pepaya. Biasanya buah-buahan ini sudah pasti tersedia di dalam lemari es Nita.

"Selalu sedia di kulkas. Jadi kita nggak terlalu khawatir kalorinya atau bahaya buat diet. Kayak kacang-kacangan sih juga boleh. Tapi amannya sih buah," tutur Nita.

Wanita yang lahir pada 32 tahun silam ini mengaku tidak begitu sering bepergian keluar rumah. Meski harus nongkrong bersama teman-teman di sebuah tempat, ia cenderung memilih menu seperti yoghurt atau jus buah tanpa gula.

"Misal di warung kopi tertentu, ya pesannya yoghurt atau mungkin jus buah, pesan ke pelayannya jangan pakai gula," ucap Nita sambil melempar senyum.

Baca juga: Mau Langsing, Cemil-cemil Ubi Jalar, Semangka dan Pisang Bisa Jadi Triknya

Penjelasan lengkap Nita bisa disimak dalam video berikut ini:

(hrn/vit)