Jumat, 02 Jun 2017 10:08 WIB

Benarkah Minum Air Campur Kayu Manis Bisa Bantu Turunkan Bobot?

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Foodbeast
Jakarta - Ada beberapa jenis minuman yang diklaim bisa bantu turunkan berat badan, salah satunya air dengan campuran kayu manis. Apa kata pakar gizi?
Menurut nutrisionis Elizabetta Politi, RD, beberapa penelitian pernah menyebutkan bahwa kayu manis atau cinnamon dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Nah, karena kadar gula darah sering dikaitkan dengan rasa lapar, maka banyak yang kemudian mengklaim bahwa asupan ini juga dapat membantu mengontrol nafsu makan dan membuat Anda makan lebih sedikit.

Saksikan video 20detik mengenai Minuman dengan Kayu Manis di sini:


Pada akhirnya, air dengan campuran kayu manis pun dipercaya memiliki manfaat yang berkaitan dengan penurunan berat badan. Namun demikian, belum ada penelitian ilmiah yang menemukan kaitan langsung antara konsumsi minuman ini dengan penurunan berat badan.

Salah satu penelitian di tahun 2016 menuturkan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi air campuran kayu manis rata-rata memiliki penurunan kadar gula darah, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Baca juga: 4 Langkah Turunkan Berat Badan di Bulan Puasa

"Tapi masih bisa belum dipastikan kaitan keduanya. Masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk merekomendasikan kayu manis sebagai asupan penurun kadar gula darah," tutur Politi, seperti dikutip dari Women's Health Mag.

Begitu pula dengan penurunan berat badan, Politi menegaskan bahwa belum ada bukti ilmiah bahwa kayu manis dapat menurunkan nafsu makan dan menurunkan berat badan. "Dengan kata lain, makan lebih banyak kayu manis tidak akan mengurangi nafsu makan Anda secara langsung," imbuhnya.

Namun demikian, Politi tak menampik bahwa dibandingkan dengan air berpemanis lainnya, air dengan kayu manis bisa menjadi minuman alternatif yang lebih sehat. Jika misalnya Anda sedang bosan dengan air putih biasa, maka air campuran kayu manis bisa menjadi pilihan. Selain mengurangi kalori berlebih, cita rasa yang dihasilkan juga lebih manis alami.

"Untuk membuat minuman air dengan kayu manis, campurkan satu batang kayu manis ke dalam satu botol air, lalu dinginkan di dalam lemari es semalaman," ujar Politi.

Baca juga: Sudah Diet Ketat dan Rajin Olahraga Tapi Masih Gemuk, Kenapa Ya?

(ajg/up)