Senin, 04 Des 2017 18:08 WIB

Trik Sukses Diet CICO Agar Tubuh Tetap Mendapat Cukup Nutrisi

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Meskipun dalam program diet, Anda tetap harus memperhatikan kebutuhan nutrisi. Foto: Thinkstock Meskipun dalam program diet, Anda tetap harus memperhatikan kebutuhan nutrisi. Foto: Thinkstock
Jakarta - Diet Calorie In Calorie Out (CICO) ramai diperbincangkan di dunia maya. Pasalnya, banyak orang yang mengaku berhasil menurunkan berat badan dengan cara tersebut. Akan tetapi, diet bukan hanya sekadar memotong kalori yang diasup namun juga harus memperhatikan kebutuhan nutrisi harian.

Dihubungi oleh detikHealth, dr Titi Sekarindah, SpGK, menjelaskan bahwa diet CICO bukan berarti mengorbankan makanan bernutrisi karena harus memangkas kalori. Justru sebaliknya, Anda harus tetap mengusahakan jatah kalori masuk yang sudah dipangkas tersebut untuk tetap mengonsumsi makanan bernutrisi.

"Kita harus memperhatikan protein, juga vitamin dan mineral yang sumbernya dari buah dan sayur. Jadi yang di-cut betul itu kalori yang tidak bergizi seperti yang manis-manis," ujar dokter dari Rumah Sakit Pusat Pertamina Kebayoran Baru tersebut.

Baca juga: Tren Diet CICO, Bagaimana Cara Mengukur Kalori yang Tepat Agar Sukses?

Kuncinya adalah dengan menyiasari makanan bergizi namun tetap memiliki kalori yang rendah. Seperti memilih susu yang non-fat dibandingkan yang full cream, daging tanpa lemak, dan tetap diimbangi dengan sayur dan buat.

"Nanti nasinya pilih nasi merah yang seratnya tinggi, atau oatmeal. Kita pilih yang rendah kalori tapi bergizi. Minum air putih, teh boleh tapi jangan pakai gula," jabarnya.

Memangkas kalori pun tidak boleh terlalu ekstrem. Masih menurut dr Titi, diet yang ideal tidak boleh kurang dari 1.000 kalori.

"Pola makan untuk yang diet biasa 1.200-1.300, disesuaikan dengan berat badan dia dan aktivitas dia. Kalau masih anak-anak tidak boleh diet kalori kecil, nanti enggak tumbuh," tutupnya.

Baca juga: Diklaim Ampuh Turunkan Berat Badan, Diet CICO Dikritik para Ahli Gizi

(ask/up)
News Feed
googletag.defineSlot('/4905536/detik_desktop/health/medium_rectangle2', [300, 250], 'div-gpt-ad-1534248323665-0').setTargeting('pos', ['medium_rectangle2']).addService(googletag.pubads());