Jumat, 15 Des 2017 19:32 WIB

Survei Buktikan Diet Jadi Sia-sia Kalau Masih Kurang Tidur

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Orang-orang yang kurang tidur cenderung mencurangi dietnya dengan ngemil dan makan malam-malam. (Foto: iStock) Orang-orang yang kurang tidur cenderung mencurangi dietnya dengan ngemil dan makan malam-malam. (Foto: iStock)
Jakarta - Saat diet, tentu yang diurus adalah bagaimana caranya menurunkan berat badan, bisa dengan olahraga atau menjaga pola makan. Namun sebuah survei membuktikan jika tidur seringkali dilupakan.

Hal ini terbukti lewat survei yang dilakukan sebuah perusahaan produsen suplemen makanan terhadap 1.000 orang di Inggris. Ternyata mereka yang tidur teratur mengaku lebih mudah menurunkan berat badannya.

Faktanya hal ini diamini oleh 74 persen responden. Sedangkan 82 persen mengatakan lebih mudah untuk konsisten pada pola makan sehat jika tidurnya teratur. Demikian seperti dilaporkan New York Post.

Dari survei ini juga ditemukan, hasil diet yang optimal bisa didapatkan jika durasi tidurnya antara 7,5 - 8 jam.

Baca juga: 5 Aturan Diet Sehat untuk Tidur Nyenyak dan Tubuh Tetap Langsing

Di sisi lain, mereka yang tidur kurang dari tujuh jam dalam semalam diketahui memiliki pola makan paling 'berantakan'. 'Berantakan' di sini berarti selain tidak beraturan, mereka juga lebih rentan untuk mencurangi dietnya sendiri. Ada lebih dari 50 persen responden yang mengaku begini. Dua-pertiga dari mereka juga mengaku sering ngemil di antara jam makan yang telah ditentukan.

Sepertiga orang yang kurang tidur pun mengakui bobot mereka cepat bertambah karena mereka lebih lama terjaga sehingga punya banyak waktu untuk makan.

"Nampaknya ada benarnya jika mereka menyebut tidur sebagai 'beauty sleep' untuk alasan yang sangat bagus, sebab dengan tidur selama 8 jam nyatanya benar-benar membantu menurunkan berat badan kita," ujar Lee Smith, manajer Forza Supplements, perusahaan yang menggelar survei ini.

Namun, lanjutnya, yang pasti kunci diet yang sukses adalah kedisiplinan. "Anda memang harus mengadopsi kebiasaan baik itu dan konsisten menjalaninya," pungkasnya.

Baca juga: 3 Alasan Tidur Nyenyak Bisa Turunkan Berat Badan (lll/up)