Senin, 12 Nov 2018 17:17 WIB

Mau Atur Jadwal Makan dan Olahraga? Sore, Tubuh Bakar Lebih Banyak Kalori

Firdaus Anwar - detikHealth
Pada jam-jam tertentu, tubuh membakar lebih banyak kalori (Foto: Thinkstock) Pada jam-jam tertentu, tubuh membakar lebih banyak kalori (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Kapan waktu terbaik untuk olahraga? Jawabannya akan sangat tergantung dari situasi tiap orang namun secara umum sebaiknya sesuaikan dengan jam biologis tubuh. Studi terbaru yang dipublikasi di jurnal Current Biology melihat ternyata tubuh kita bisa membakar lebih banyak kalori di jam-jam tertentu.

Pemimpin studi Kirsi-Marja Zitting dari Division of Sleep and Circadian Disorders Brigham and Women's Hospital mengatakan bahwa tubuh rata-rata akan membakar 10 persen kalori lebih banyak waktu siang hingga sore hari. Hal ini diketahui setelah peneliti melakukan eksperimen pada tujuh orang.



"Fakta bahwa aktivitas yang sama bisa membakar lebih banyak kalori di satu waktu dibandingkan waktu lainnya cukup mengejutkan," kata Kirsi seperti dikutip dari Live Science (12/11/2018).

Eksperimen dilakukan dengan menempatkan 7 partisipan dewasa yang sehat di laboratorium tanpa jendela, jam, atau akses ke internet selama sebulan. Para partisipan juga dibuatkan jadwal makan dan tidur yang spesifik.

Menurut Kirsi dengan absennya informasi waktu di luar laboratorium, peneliti jadi bisa mengukur metabolisme tubuh partisipan sesuai dengan jam biologis tubuh masing-masing. Hasilnya diketahui bahwa tubuh akan mulai menghemat energi ketika masuk waktu malam lalu kemudian perlahan memuncak sekitar 12 jam kemudian.

Secara rata-rata partisipan membakar 130 kalori lebih banyak di siang dan sore hari dibandingkan saat malam atau pagi.

"Mungkin ini kenapa kalau makan saat konsumsi energi sedang rendah cenderung membuat kita jadi lebih gampang gemuk," komentar peneliti lainnya Jeanne Duffy.

Nah sekarang kamu sudah tahu hal ini, coba mulai atur lagi jadwal olahraga dan makan ya!

(fds/up)
News Feed