Jumat, 18 Jan 2019 13:00 WIB

Rahasia Ira Koesno Awet Muda: Kurangi Nasi, Perbanyak Protein

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ira Koesno. Foto: Rengga Sancaya Ira Koesno. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Bagi yang tak mengenal Ira Koesno mungkin mengira usianya baru akan menginjak kepala empat. Namun siapa sangka, wanita yang jadi moderator dalam Debat Calon Presiden (Capres) 2019 kemarin sudah akan berusia setengah abad. Tahun ini akan berusia 48 tahun, apa sih rahasianya?

"Manusia menjadi tua secara alamiah kodratnya seperti itu. Proses itu bisa kita 'hambat' kalau kita, satu jaga makan, olahraga teratur, sama pola hidup," ungkap wanita bernama asli Dwi Noviratri Koesno ini saat ditemui di salah satu hotel di bilangan Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Soal makanan, Ira menyebut ia sudah sejak lama mengurangi asupan karbohidrat seperti nasi serta lebih memperbanyak asupan protein untuk memperkuat otot-otot tubuhnya. Tubuh membakar karbohidrat dan mengubahnya menjadi gula dan ia cukup meyakini bahwa efek gula bila dikurangi akan berdampak baik bagi keseluruhan kesehatan tubuh.


Selain itu, Ira juga rutin berolahraga sebanyak tiga kali seminggu. Olahraga, menurutnya memiliki efek yang begitu nyata bagi kesehatannya meski memang ia termasuk orang tidak menyukai olahraga. Olahraga yang rutin ia lakukan adalah pilates dan treadmill.

"Saya olahraganya pilates seminggu dua kali, sama biasanya treadmill. Saya tuh lagi ingin coba kick boxing gitu. Supaya lebih bisa membentuk tubuh lebih baik," ujarnya.

Menjadi seorang jurnalis sudah pasti pernah merasakan stres karena hiruk pikuk pekerjaannya setiap hari. Saat penat dan lelah menghampirinya di sela-sela pekerjaan, ia mengatasinya dengan membaca buku atau tidur agar dirinya lebih rileks dan meredakan stresnya. Selain itu, olahraga juga menjadi andalan Ira untuk meredakan stres.

"Olahraga tuh juga sangat membantu, kalau kita lagi stres olahraga itu kan mengeluarkan hormon yang buat kita gembira, ya endorfin," pungkas wanita yang juga pernah menjadi moderator debat Pilgub DKI Jakarta tahun 2017 ini.



Simak video 'Kangen Fashion Show, Catherine Wilson Diet Sehat':

[Gambas:Video 20detik]


Rahasia Ira Koesno Awet Muda: Kurangi Nasi, Perbanyak Protein
(frp/up)