Rabu, 30 Jan 2019 10:52 WIB

Teh atau Kopi? Begini Cara Memilihnya Agar Sesuai Kebutuhan

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Halaman 2 dari 5
1 Mau tulang yang kuat?
Foto: shutterstock

Penelitian telah lama mengaitkan teh hitam dengan kekuatan tulang yang meningkat. Akan tetapi kata Euan MacLennan, herbalis medis, manfaat teh hijau mungkin lebih besar. Dia mengutip penelitian dari Texas, yang diterbitkan pada 2013 di American Journal of Clinical Nutrition.

"Ditemukan bahwa senyawa epigallocatechin (EGCG), yang berlimpah dalam teh hijau, dapat mengurangi jumlah osteoklas dalam tubuh --ini adalah sel-sel yang memecah tulang-- dan meningkatkan jumlah dan aktivitas osteoblas, sel-sel yang membangun tulang. Teh hijau juga dapat membantu jika kamu perlu mempercepat proses penyembuhan patah tulang."

Kopi mungkin tidak meningkatkan kekuatan tulang, tetapi menurut sebuah laporan oleh Society for Experimental Biology, oleh para ilmuwan olahraga di Universitas Coventry pada Juni 2012, kafein memang meningkatkan kekuatan otot pada orang yang lebih tua. Jadi, secangkir kopi dapat membantu orang lanjut usia untuk mempertahankan kekuatan mereka sehingga mengurangi insiden jatuh dan cedera.

(ask/up)