Selasa, 17 Mar 2020 06:36 WIB

5 Tips Agar Badan Tak Melar Gara-gara 14 Hari 'Work from Home'

Ayunda Septiani - detikHealth
Business woman drinking coffee to get some energy for working overtime Kerja di rumah alias work from home (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Kebijakan Work From Home (WFH) yang diberlakukan belakangan ini membuat pekerja harus bekerja di rumah masing-masing, dan tidak mengunjungi tempat-tempat umum. Hal itu dilakukan untuk membatasi diri agar terhindar dari infeksi virus corona COVID-19 yang sedang mewabah.

Meski dinilai lebih fleksibel, bekerja di rumah tentu banyak godaannya. Tidak terkecuali godaan untuk ngemil. Bila tak diantisipasi, berat badan dipastikan melonjak dalam 14 hari masa isolasi.

Dikutip dari Time Of India, 5 gerakan olahraga ini bisa kamu coba untuk kalian yang work form home.

1. Jumping jack

Jumping jacks adalah gerakan olahraga yang paling mudah untuk dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa bantuan alat olahraga apapun. Gerakan ini termasuk dalam kombinasi dari latihan aerobik.

Dengan berdiri dengan kedua kaki serta posisi tangan di samping. Kemudian, angkat kedua lengan kamu secara serentak hingga di atas kepala dan lompat secukupnya sembari merentangkan kaki dengan lebar. Lakukan gerakan ini selama 15-30 detik ya detikers.

2. Squat

Celana kesayangan sudah tidak bisa dipakai? Cobalah gerakan olahraga ini di rumah. Squat bisa dipercaya untuk mengecilkan lingkar paha serta memperkuat otot paha, lengan, dan perut. Gerakan olahraga ini dapat mengurangi tumpukan lemak dan membentuk bagian-bagian tadi.

Dengan melebarkan kaki setara dengan bahu lalu letakkan jari-jari di belakang kepala. Naik dan turunkan badan kamu dengan mendorong pinggul ke belakang sembari menekuk lutut. Lakukan gerakan ini 10-15 kali ya.

3. Pushup

Gerakan olahraga seperti ini akan mengurangi lemak atau gelambir pada lengan kamu dan membantu memperkuat bahu karena pushup dapat melatih otot lengan, bahu, hingga abdomen sebagai penstabilnya.

Caranya, kamu bisa posisikan badan seperti tengkurap lalu letakkan tangan di matras. Tidak lupa sejajarkan pergelangan tangan dengan bahu. Jangan membuat leher terlalu mendongak atau tegang karena bisa menyebabkan sakit leher dan pastikan otot perut tetap kencang. Tekuk siku lalu turun dan naikkan dada kamu ke arah matras/lantai. Lakukan gerakan ini hingga 10-20 kali ya dengan rutin.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Work From Home Bisa Picu Burnout, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]