Rabu, 22 Apr 2020 06:04 WIB

10 Tips Menjaga Pola Makan Tetap Sehat Selama WFH

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Sarapan Menjaga pola makan selama WFH (Foto: iStock)

6. Banyak minum air

Kurang minum bisa menyebabkan dehidrasi, sehingga rentang mengalami sakit kepala dan kelelahan yang tidak baik untuk produktivitas kerja. Untuk mencegahnya, coba sediakan air tepat di tempat biasa kamu bekerja.

Selain itu, hindari minuman bersoda atau jus yang terlalu banyak mengandung gula. Hal itu bisa mendorong berbagai penyakit muncul di kemudian hari, contohnya diabetes.

7. Kurangi asupan kafein

Selama WFH, kebanyakan orang mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi agar tetap terjaga, tapi sebenarnya itu ide yang buruk. Terlalu banyak kafein bisa menyebabkan sakit kepala, kecemasan, masalah, dan kelelahan.

Jika tetap ingin mengkonsumsinya, jangan lebih dari dua gelas. Selain itu, hindari penambahan krimer, gula yang berlebih, atau perasa lainnya karena bisa menambah kalori yang tidak diperlukan tubuh.

8. Jangan sering jajan junk food

Jangan biasakan memasok makanan cepat saji untuk menu makan sehari-hari atau jajan junk food di restoran luar. Makanan junk food tersebut tidak memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk tubuh, tapi punya kalori yang tinggi.

9. Jangan kerja sambil makan!

Makan sambil bekerja ternyata tidak baik lho. Jika terbiasa melakukan dua kegiatan itu secara bersamaan, membuat kamu secara tidak sadar akan makan berlebihan dan jauh dari rasa kenyang.

Untuk mencegahnya, coba sisihkan waktu untuk makan dengan tenang tanpa gangguan pekerjaan selama beberapa menit. Jika ini dijalankan dengan benar, kamu akan merasa lebih siap untuk bekerja kembali.

10. Takar makanan dengan jumlah yang tepat

Agar jumlah takaran makan sesuai, cobalah terapkan metode piring sehat. Caranya, isi setengah piring dengan sayuran non-tepung, seperempat piring dengan protein tanpa lemak, dan satu piring dengan makanan berkarbohidrat serat tinggi, seperti biji-bijian.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Burnout Akibat WFH, Begini Cara Mengatasinya"
[Gambas:Video 20detik]

(sao/up)