Selasa, 20 Okt 2020 06:00 WIB

4 Camilan Sehat Pendongkrak Daya Tahan Tubuh

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Firefighters douse flames as a home burns in the Napa wine region in California on October 9, 2017, as multiple wind-driven fires continue to whip through the region. (JOSH EDELSON/AFP/Getty Images) Camilan sehat (Foto: iStock)
Jakarta -

Di tengah pandemi virus Corona COVID-19, daya tahan tubuh yang kuat dibutuhkan untuk menangkal infeksi. Beberapa camilan sehat bisa membantu meningkatkan hal itu.

Umumnya, camilan dihindari karena bikin gemuk. Padahal, yang salah sebenarnya bukan camilannya melainkan porsinya. Makanan apapun, jika berlebihan maka bisa bikin gemuk dan memicu penyakit.

Sebaliknya, bila dikonsumsi dalam takaran wajar, camilan tertentu punya kandungan yang justru berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 4 camilan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh:

1. Dark chocolate

Dikutip dari Daily Sabah, ahli gizi Busra Mutlu mengatakan kandungan kakao dalam dark chocolate mengandung senyawa fenolik yang meningkatkan daya tahan tubuh. Menurut Mutlu, cokelat hitam dapat melawan flu biasa dan bahkan aman dikonsumsi bagi penderita diabetes asalkan tidak berlebihan.

2. Almond

Dikutip dari Deccan Herald, sebuah penelitian menemukan bahan kimia di kulit almond dapat meningkatkan sistem kekebalan terhadap virus. Kulit almond meningkatkan kemampuan sel darah putih untuk mencegah virus agar tidak menyebar ke dalam tubuh.

3. Yoghurt

Yoghurt saat ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat, baik pada anak-anak maupun orang dewasa menyukainya. Yoghurt dipercaya baik untuk dikonsumsi karena mengandung kaya akan protein dan kadar gula yang rendah. Bakteri alami yang terbentuk pada yoghurt mendukung fungsi kekebalan tubuh dengan meningkatkan bakteri baik yang ada di usus.

4. Kuaci

Dikutip dari Times of India, kuaci kaya akan Vitamin E dan nutrisi. Kuaci juga mengandung selenium yang membantu tubuh melawan jenis kanker tertentu dan meningkatkan kekebalan tubuh.



Simak Video "Imunitas Tiap Orang Berbeda, Perhatikan Faktor yang Memengaruhinya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)