Kamis, 22 Okt 2020 06:24 WIB

7 Menu Sarapan yang Bantu Turunkan Berat Badan

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Female is dieting and checking her weight on the scale, selective focus Makanan yang membantu menurunkan berat badan (Foto: istock)

5. Kiwi

Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C, vitamin K, dan kalium yang tinggi. Kiwi juga memberikan 21 persen kebutuhan serat harian. Dalam sebuah studi yang melibatkan 83 wanita menemukan bahwa diet tinggi serat dengan kalori terbatas efektif dalam mengurangi nafsu makan sehingga dapat menurunkan berat badan, lemak tubuh dan lingkar pinggang secara signifikan. Untuk itulah, kiwi dapat menjadi salah satu menu sarapan sehat yang membantu menurunkan berat badan.

6. Teh hijau

Menurut ahli, teh hijau memberikan banyak manfaat bagi tubuh terutama untuk metabolisme dan kapasitas pembakaran lemaknya. Dalam penelitian yang meneliti 23 orang menemukan bahwa mengonsumsi tiga kapsul ekstrak teh hijau meningkatkan pembakaran lemak sebesar 17 persen hanya dalam 30 menit. Ada banyak cara untuk menikmati teh hijau di pagi hari. Misalnya menambahkan madu, perasan jeruk lemon atau daun mint.

7. Kopi

Mengawali hari dengan sarapan secangkir kopi selain dapat membuat lebih bersemangat juga ampuh untuk menurunkan berat badan. Kandungan kafein dalam kopi membantu metabolisme tubuh. Dalam sebuah penelitian, konsumsi kafein meningkatkan metabolisme sebesar 13 persen. Tak hanya itu, kafein juga membantu pemecahan lemak.

Studi lain pada 58.157 orang dewasa menunjukkan bahwa kopi dapat membantu pengendalian berat badan dalam jangka panjang jangka panjang. Pastikan bahwa kopi yang dikonsumsi tidak mengandung terlalu banyak gula sehingga manfaat dari kopi untuk menurunkan berat badan dapat terlihat.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Puasa Bikin Gemuk Atau Kurus?"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)