Kamis, 26 Nov 2020 05:00 WIB

7 Makanan Penyebab Perut Kembung, Hindari Kalau Tak Ingin Terkentut-kentut

Farah Nabila - detikHealth
ilustrasi 7 Makanan penyebab perut kembung (Foto: Thinkstock)

3. Bawang bombay

Bawang bombay adalah sayuran umbi bawah tanah dengan rasa yang unik dan kuat. Bawang bombay jarang dimakan utuh, tetapi populer digunakan dalam makanan yang dimasak dan salad.

Meskipun biasanya dimakan dalam jumlah kecil, bawang bombay adalah salah satu sumber makanan yang mengandung fruktan. Ini adalah serat larut yang bisa menyebabkan kembung. Oleh karena itu, bawang bombay dikenal sebagai penyebab kembung dan ketidaknyamanan pencernaan lainnya.

Makanan yang baik dikonsumsi:
Gunakan bumbu atau rempah segar sebagai alternatif bawang bombay.

4. Produk susu

Produk susu memiliki kandungan yang sangat bergizi, serta merupakan sumber protein dan kalsium yang sangat baik. Ada banyak produk susu yang tersedia, termasuk susu, keju, krim keju, yogurt, dan mentega.

Namun, sekitar 75% populasi penduduk dunia tidak dapat memecah laktosa, gula yang terdapat dalam susu. Kondisi ini dikenal sebagai intoleransi laktosa. Jika kamu memiliki intoleransi laktosa, produk susu dapat menyebabkan masalah pencernaan yang besar. Gejala yang dirasakan dapat berupa kembung, gas, kram, dan diare.

Minuman yang baik dikonsumsi:
Susu almond, kedelai atau susu beras.

5. Kacang-kacangan

Kacang mengandung protein dan karbohidrat sehat dalam jumlah tinggi. Kacang juga sangat kaya serat, serta beberapa vitamin dan mineral.

Akan tetapi, sebagian besar kacang mengandung gula yang disebut alpha-galactosidase, yang termasuk dalam kelompok karbohidrat yang disebut FODMAP. Bagi orang sehat, FODMAP hanya menyediakan bahan bakar untuk bakteri pencernaan yang menguntungkan dan seharusnya tidak menimbulkan masalah.

Namun berbeda dengan individu yang memiliki sindrom iritasi usus besar, jenis gas lain terbentuk selama proses fermentasi. Ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan di area perut, dengan gejala seperti kembung, perut kembung, kram dan diare.

Merendam dan menumbuhkan biji adalah cara yang baik untuk mengurangi FODMAP pada kacang. Mengganti air rendaman beberapa kali juga dapat membantu.

Makanan yang baik dikonsumsi:
Kacang pinto, kacang hitam, quinoa, atau biji-bijian.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masuk Angin? Jangan Suka Dikerok!"
[Gambas:Video 20detik]