Kamis, 26 Nov 2020 05:00 WIB

7 Makanan Penyebab Perut Kembung, Hindari Kalau Tak Ingin Terkentut-kentut

Farah Nabila - detikHealth
ilustrasi 7 Makanan penyebab perut kembung (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Perut kembung ditandai dengan rasa mual dan tidak nyaman di area perut. Situasi ini disebabkan oleh produksi gas yang berlebihan pada saluran pencernaan. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan perut kembung, salah satunya dari makanan yang dikonsumsi.

Saat perut kembung kita akan lebih sering buang angin dan sendawa berlebihan. Makanan yang dikonsumsi dapat menjadi penyebab perut kembung. Kandungan gas yang terdapat dalam makanan tersebut yang membuat perut kembung.

Perut kembung juga merupakan gejala awal masalah kesehatan. Jika perut kembung terjadi secara terus-menerus, segera konsultasikan dengan dokter.

Dikutip dari Healthline, ada beberapa makanan yang dapat memicu perut kembung dan makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah perut kembung.

1. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi adalah penyebab kembung yang sangat umum. Minuman ini mengandung karbondioksida yang merupakan sebuah gas dalam jumlah tinggi.

Saat meminum salah satu minuman ini, kamu akan menelan lebih banyak gas. Beberapa gas terperangkap di sistem pencernaan, yang dapat menyebabkan kembung yang tidak nyaman bahkan kram.

Minuman yang baik dikonsumsi:
Air putih merupakan minuman yang terbaik. Alternatif sehat lainnya kamu dapat meminum kopi atau teh untuk mencegah perut kembung.

2. Brokoli dan sayuran cruciferous lainnya

Sayuran cruciferous mengandung banyak nutrisi penting seperti serat, vitamin C, vitamin K, zat besi dan kalium. Jenis sayuran cruciferous seperti kembang kol, kubis, kubis brussel dan lainnya.

Namun, jenis sayuran ini juga mengandung FODMAP (Fermentable Oligo-Di-Monosaccharides and Polyols) yang merupakan makanan yang sulit dicerna tubuh. Hal ini yang dapat menyebabkan perut kembung.

Makanan yang baik dikonsumsi:
Bayam, ketimun, selada, ubi dan zucchini.

3. Bawang bombay

Bawang bombay adalah sayuran umbi bawah tanah dengan rasa yang unik dan kuat. Bawang bombay jarang dimakan utuh, tetapi populer digunakan dalam makanan yang dimasak dan salad.

Meskipun biasanya dimakan dalam jumlah kecil, bawang bombay adalah salah satu sumber makanan yang mengandung fruktan. Ini adalah serat larut yang bisa menyebabkan kembung. Oleh karena itu, bawang bombay dikenal sebagai penyebab kembung dan ketidaknyamanan pencernaan lainnya.

Makanan yang baik dikonsumsi:
Gunakan bumbu atau rempah segar sebagai alternatif bawang bombay.

4. Produk susu

Produk susu memiliki kandungan yang sangat bergizi, serta merupakan sumber protein dan kalsium yang sangat baik. Ada banyak produk susu yang tersedia, termasuk susu, keju, krim keju, yogurt, dan mentega.

Namun, sekitar 75% populasi penduduk dunia tidak dapat memecah laktosa, gula yang terdapat dalam susu. Kondisi ini dikenal sebagai intoleransi laktosa. Jika kamu memiliki intoleransi laktosa, produk susu dapat menyebabkan masalah pencernaan yang besar. Gejala yang dirasakan dapat berupa kembung, gas, kram, dan diare.

Minuman yang baik dikonsumsi:
Susu almond, kedelai atau susu beras.

5. Kacang-kacangan

Kacang mengandung protein dan karbohidrat sehat dalam jumlah tinggi. Kacang juga sangat kaya serat, serta beberapa vitamin dan mineral.

Akan tetapi, sebagian besar kacang mengandung gula yang disebut alpha-galactosidase, yang termasuk dalam kelompok karbohidrat yang disebut FODMAP. Bagi orang sehat, FODMAP hanya menyediakan bahan bakar untuk bakteri pencernaan yang menguntungkan dan seharusnya tidak menimbulkan masalah.

Namun berbeda dengan individu yang memiliki sindrom iritasi usus besar, jenis gas lain terbentuk selama proses fermentasi. Ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan di area perut, dengan gejala seperti kembung, perut kembung, kram dan diare.

Merendam dan menumbuhkan biji adalah cara yang baik untuk mengurangi FODMAP pada kacang. Mengganti air rendaman beberapa kali juga dapat membantu.

Makanan yang baik dikonsumsi:
Kacang pinto, kacang hitam, quinoa, atau biji-bijian.

6. Gandum

Bagi orang dengan penyakit celiac atau sensitivitas gluten, gandum dapat menyebabkan masalah pencernaan. Ini termasuk kembung, gas, diare dan sakit perut. Gandum juga merupakan sumber utama FODMAP, yang dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Makanan yang baik dikonsumsi:
Ada banyak alternatif bebas gluten selain gandum, seperti oat murni, quinoa, soba, tepung almond, dan tepung kelapa.

7. Apel

Apel adalah salah satu buah paling populer di dunia. Buah ini kaya serat, vitamin C dan antioksidan yang telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Apel juga diketahui dapat menyebabkan kembung dan masalah pencernaan lainnya bagi sebagian orang.

Penyebabnya adalah fruktosa (yang merupakan FODMAP) dan kandungan serat yang tinggi. Fruktosa dan serat keduanya dapat difermentasi di usus besar, dan dapat menyebabkan gas dan kembung. Apel yang dimasak akan lebih mudah dicerna daripada apel segar.

Makanan yang baik dikonsumsi:
Pisang, bluberi, anggur, jeruk dan stroberi.



Simak Video "Masuk Angin? Jangan Suka Dikerok!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)