Kamis, 03 Des 2020 08:44 WIB

Diet 'Under 1.000 Kalori' Biar Seperti K-Pop Idol? Ahli Gizi: Ngawur!

Farah Nabila - detikHealth
Diet ngawur Deretan diet ngawur menurut ahli gizi (Foto: Tangkapan layar)

6. Diet 7 hari detox

Diet 7 hari detox yang dimaksud Putri adalah hanya minum jus buah atau sayur dan tidak makan apa-apa. Hal ini dapat menyebabkan malnutrisi.

"Kita udah punya kulit, limpa, hati, ginjal, paru-paru, dan kolon untuk detox," tulis Putri.

7. Mengandalkan obat diet

Dalam videonya Putri menuliskan "obat diet = hoax" karena tidak ada bukti ilmiahnya. Sebab kebanyakan obat diet bersifat diuretik atau laxative. Sama seperti diet air putih, Putri juga menuliskan bahwa diet ini membuat angka timbangan turun karena cairan tubuh hilang.

8. Diet lemon water

Putri memaparkan diet ini hanya bentuk pemasaran saja. Sebab diet dengan air lemon tidak bisa membakar lemak dan tidak ada bukti ilmiahnya.

"yang jual influencer, latar belakang pendidikannya bukan ilmu gizi/kedokteran/kesehatan," tulisnya.

9. Informasi diet berdasarkan google dan grup chat

Menurut Putri informasi diet yang berdasarkan google dan grup chat kebanyakan hoax dan menyesatkan. Hal ini karena belum tentu sesuai dengan ilmu dan bukti ilmiah yang ada. Putri menyarankan untuk melakukan riset tentang informasi penurunan berat badan agar tidak terjerumus ke pola diet yang salah.

"Do more research, cek lagi informasinya apakah sudah benar, bisa baca dari sumber terpecaya seperti journal/text book atau tanya ke tenaga kesehatan, ahli gizi/dokter agar bisa dapat informasi yang benar, jang telah mentah-mentah informasi yang didapat," ujar Putri.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Menelisik Ramainya Isu Bullying yang Dilakukan Selebriti Korsel"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)