Rabu, 09 Des 2020 06:20 WIB

9 Cara Diet yang Benar untuk Turunkan Berat Badan

Zintan Prihatini - detikHealth
Female is dieting and checking her weight on the scale, selective focus Cara diet yang benar (Foto: istock)

6. Olahraga rutin

Cara diet yang benar lainnya adalah dengan latihan fisik seperti berolahraga. Olahraga telah terbukti bisa meningkatkan suasana hati, mengurangi depresi, kecemasan dan stres.

Selain memperkuat otot dan tulang, olahraga dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan tingkat energi, mengurangi risiko penyakit kronis dan meningkatkan kualitas tidur. Lakukan olahraga intensitas sedang hingga tinggi sekitar 30 menit setiap hari, atau cukup naik tangga dan berjalan kaki.

7. Tidur yang cukup

Kurang tidur bisa menyebabkan peningkatan nafsu makan, yang mengakibatkan banyaknya asupan kalori dan menambah berat badan. Selain itu, kualitas tidur yang buruk juga menganggu konsentrasi, produktivitas, metabolisme glukosa, fungsi kekebalan, dan berisiko terkena penyakit inflamasi maupun penyakit jantung. Istirahat yang cukup saat malam untuk membantu mendapatkan tubuh ideal.

8. Mengonsumsi makanan yang dikukus dan direbus

Memilih mengonsumsi makanan yang dikukus dan direbus bisa menjadi pilihan cara diet yang benar untuk mengurangi keinginan makan makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng mengandung kalori dan lemak jenuh yang tinggi hingga menyebabkan naiknya berat badan.

9. Sarapan dengan buah dan sayur

Sarapan buah dan sayur bisa mencukupi nutrisi yang diperlukan tubuh. Kebutuhan serat yang tercukupi dapat mempercepat dan memperlancar pencernaan saat buang air besar (BAB). Jika ingin mendapatkan bobot tubuh ideal, makan buah dan sayur bisa mejadi cara diet yang benar sekaligus menyehatkan.

Cara diet yang benar di atas bisa dilakukan untuk mendapatkan bobot tubuh yang diinginkan. Selain itu, diet yang sehat dan benar bisa menyehatkan tubuh.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Puasa Bikin Gemuk Atau Kurus?"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
eLife
×
Seks Anal dari Kacamata Medis
Seks Anal dari Kacamata Medis Selengkapnya