Rabu, 09 Des 2020 06:20 WIB

9 Cara Diet yang Benar untuk Turunkan Berat Badan

Zintan Prihatini - detikHealth
Female is dieting and checking her weight on the scale, selective focus Cara diet yang benar (Foto: istock)
Jakarta -

Banyak orang yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh ideal yang diinginkan. Namun, masih banyak orang yang keliru dengan beranggapan menahan lapar bisa membantu menurunkan berat badan. Cara diet yang benar bisa digunakan bagi kamu yang ingin mendapatkan berat badan ideal.

Melakukan diet yang benar dapat membuatmu mendapatkan tubuh ideal dalam jangka panjang, sekaligus menyehatkan bagi tubuh. Diet sehat merupakan usaha untuk mengatur pola makan, dan gaya hidup agar tak membahayakan tubuh.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sembilan cara diet yang benar untuk menurunkan berat badan.

1. Makan secara perlahan

Makan terlalu cepat bisa berisiko menambah berat badan. Penelitian menemukan bahwa orang yang makan cepat berisiko 115 persen mengalami obesitas dibandingkan orang yang makannya lambat.

Hormon dalam tubuh mengatur nafsu makan maupun mengontrol sebanyak apa makanan yang akan masuk dengan memberi sinyal pada otak mengenai rasa lapar atau kenyang. Penelitian menunjukkan bahwa makan perlahan dapat mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi saat makan dan membantu menurunkan berat badan.

Oleh karena itu, makan secara perlahan dan banyak mengunyah makanan merupakan salah satu cara diet yang benar. Kamu bisa mengurangi risiko makan terlalu banyak dan bertambahnya berat badan.

2. Sarapan telur

Telur kaya akan protein dan nutrisi penting seperti kolin. Penelitian menemukan bahwa telur adalah menu sarapan terbaik.

Makan telur di pagi hari meningkatkan perasaan kenyang, dan membuat orang mengonsumsi lebih sedikit kalori selama 36 jam berikutnya, yang dapat sangat membantu menurunkan berat badan. Cara diet yang benar dengan telur adalah mengolahnya tanpa minyak sayur karena kandungan lemak trans di dalamnya.

3. Jangan biarkan tubuh kelaparan

Menahan lapar bukanlah cara diet yang benar, hal itu justru dapat meningkatkan nafsu makan yang nantinya membuatmu makan secara berlebihan. Rasa lapar yang berlebih akan membuat keinginan untuk mengonsumsi makanan apapun yang ada di depan mata.

4. Kurangi konsumsi gula dan garam

Cara diet yang benar tidak hanya mengurangi porsi makan saja, hal lain yang perlu dikurangi adalah gula dan garam. Gula dan garam biasanya ada di dalam olahan masakan. Membatasi asupan keduanya merupakan salah satu kunci utama untuk menurunkan berat badan.

5. Tetap terhidrasi

Penelitian menunjukkan bahwa minum air putih dapat menurunkan berat badan, mempertahankan berat badan ideal, dan meningkatkan pembakaran kalori. Studi juga menemukan bahwa minum air sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan dan asupan kalori selama makan berikutnya pada orang dewasa.

Orang yang banyak minum air terbukti mengonsumsi 200 kalori lebih sedikit per hari. Karena itu, konsumsi air putih menjadi cara diet yang benar dan membuat tubuh tetap terhidrasi.

Cara diet yang benar juga mencakup tidur yang cukup. Bagaimana memastikannya? Cek halaman berikut.

6. Olahraga rutin

Cara diet yang benar lainnya adalah dengan latihan fisik seperti berolahraga. Olahraga telah terbukti bisa meningkatkan suasana hati, mengurangi depresi, kecemasan dan stres.

Selain memperkuat otot dan tulang, olahraga dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan tingkat energi, mengurangi risiko penyakit kronis dan meningkatkan kualitas tidur. Lakukan olahraga intensitas sedang hingga tinggi sekitar 30 menit setiap hari, atau cukup naik tangga dan berjalan kaki.

7. Tidur yang cukup

Kurang tidur bisa menyebabkan peningkatan nafsu makan, yang mengakibatkan banyaknya asupan kalori dan menambah berat badan. Selain itu, kualitas tidur yang buruk juga menganggu konsentrasi, produktivitas, metabolisme glukosa, fungsi kekebalan, dan berisiko terkena penyakit inflamasi maupun penyakit jantung. Istirahat yang cukup saat malam untuk membantu mendapatkan tubuh ideal.

8. Mengonsumsi makanan yang dikukus dan direbus

Memilih mengonsumsi makanan yang dikukus dan direbus bisa menjadi pilihan cara diet yang benar untuk mengurangi keinginan makan makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng mengandung kalori dan lemak jenuh yang tinggi hingga menyebabkan naiknya berat badan.

9. Sarapan dengan buah dan sayur

Sarapan buah dan sayur bisa mencukupi nutrisi yang diperlukan tubuh. Kebutuhan serat yang tercukupi dapat mempercepat dan memperlancar pencernaan saat buang air besar (BAB). Jika ingin mendapatkan bobot tubuh ideal, makan buah dan sayur bisa mejadi cara diet yang benar sekaligus menyehatkan.

Cara diet yang benar di atas bisa dilakukan untuk mendapatkan bobot tubuh yang diinginkan. Selain itu, diet yang sehat dan benar bisa menyehatkan tubuh.



Simak Video "Puasa Bikin Gemuk Atau Kurus?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)