Selasa, 15 Des 2020 06:20 WIB

7 Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Farah Nabila - detikHealth
Fakta tentang ikan salmon Makanan yang baik untuk kesehatan jantung (Foto: iStock)
Jakarta -

Penyakit jantung menyumbang hampir sepertiga dari semua penyebab kematian di seluruh dunia. Pola makan memainkan peran utama dalam kesehatan jantung dan dapat memengaruhi risiko penyakit jantung.

Asupan makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi tekanan darah, trigliserida, dan kadar kolesterol. Mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori dan jumlah lemak yang tepat merupakan bagian penting untuk menjaga kesehatan jantung.

The American Heart Association menyarankan konsumsi banyak buah dan sayuran, biji-bijian, produk susu rendah lemak, unggas, ikan, dan kacang-kacangan untuk menjaga jantung tetap sehat.

Dikutip dari Very Well Health, berikut makanan yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

1. Apel

Apel telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Ini karena apel mengandung banyak senyawa berbeda yang meningkatkan berbagai faktor yang berkaitan dengan kesehatan jantung.

Misalnya, apel mengandung fitokimia yang disebut quercetin yang bertindak sebagai agen anti-inflamasi alami. Quercetin juga dapat membantu mencegah pembekuan darah.

Apel mengandung serat larut yang dapat menurunkan kolesterol jahat. Apel juga mengandung polifenol, yang dikenal karena efek antioksidannya.

2. Alpukat

Alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, vitamin dan fitokimia yang bekerja sebagai antioksidan untuk melindungi jantung. Asam oleat yang merupakan asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat, dikenal untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh, terutama di jantung.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung senyawa yang bermanfaat bagi jantung dan sistem pembuluh darah. Sayuran kaya serat, yang bisa menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain mengandung banyak vitamin, sayuran hijau juga rendah kalori. Gunakan daun bayam segar sebagai salad atau kangkung sebagai lauk makanan.

4. Ikan salmon

Manfaat salmon sudah tidak diragukan lagi bagi kesehatan tubuh. Salmon adalah salah satu sumber terbaik dari dua asam lemak omega-3 rantai panjang, EPA dan DHA. Kedua jenis asam lemak ini telah lama dikenal untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sel endotel.

Suatu studi analisis tahun 2012 menemukan bahwa 0,45 hingga 4,5 gram asam lemak omega-3 atau sekitar 3 ons salmon dapat membawa perbaikan yang signifikan pada fungsi arteri.

5. Tomat

Tomat mengandung vitamin dan likopen yang tinggi. Menambahkan kandungan likopen pada menu makanan dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Cobalah untuk memasukkan tomat pada menu makanan seperti menambahkan beberapa irisan tomat ke sandwich dan salad.

6. Produk olahan kedelai

Kedelai adalah protein nabati dan alternatif yang bagus pengganti daging. Kedelai memiliki efek kardiovaskular yang baik, termasuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol.

Tambahkan tahu atau tempe pada menu makanan serta gunakan susu kedelai pada sereal untuk menjaga kesehatan jantung.

7. Biji-bijian

Biji-bijian utuh menyediakan vitamin, mineral, dan serat yang akan membantu menjaga kesehatan jantung serta menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida. Salah satu jenis biji-bijian seperti oat mengandung serat larut yang disebut beta glukan yang membantu mengurangi kolesterol total dan kolesterol LDL.

Suatu studi tahun 2015 yang dilaporkan dalam American Journal of Nutrition menemukan bahwa oat dengan gandum utuh merupakan biji-bijian yang paling efektif untuk menurunkan kolesterol.



Simak Video "Waspada Tanda-tanda Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)