Minggu, 20 Des 2020 10:07 WIB

4 Makanan yang Bisa Pulihkan Energi Setelah Sepekan Kerja Keras

Zintan Prihatini - detikHealth
ilustrasi remaja lelah Rekomendasi menu makan untuk memulihkan energi (Foto: thinkstock)

3. Kale dan bayam

Daun kale yang hijau mengandung vitamin, antioksidan, dan zat besi yang tinggi. Sel darah merah di dalam tubuh mengandung zat besi. Mineral ini penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh kepada sel-sel sebagai energi. Kadar zat besi yang rendah dapat menyebabkan kurangnya energi dan rasa mudah lelah.

Bayam juga kaya akan zat besi yang baik dikonsumsi untuk mengurangi kelelahan. Selain itu, bayam mengandung vitamin K dan magnesium. Kombinasi antara kale dan bayam dapat dijadikan olahan salad yang sangat menyehatkan.

4. Makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari

Beberapa makanan dan minuman justru dapat meningkatkan rasa lelah. Makanan yang mengandung banyak gula dapat meningkatkan energi untuk sementara waktu, namun sering kali kadar gula akan turun setelahnya. Makanan yang dapat meningkatkan kelelahan sepanjang hari di antaranya makanan manis seperti sirup dan madu, roti, makanan yang dipanggang, minuman berkafein tinggi, dan camilan seperti keripik kentang.

Makanan yang sesuai dapat membantu menurunkan rasa lelah akibat beraktivitas seharian, pola makan dan gaya hidup perlu diperhatikan. Tidak melewatkan sarapan dan mengontrol asupan kalori harian dapat dilakukan sebagai strategi atasi kelelahan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Pahami Diet dengan Benar Biar Pintar"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)