Rabu, 30 Des 2020 06:41 WIB

Batasi! 5 Makanan Ini Bisa Bikin Perut Kembung

Farah Nabila - detikHealth
Abdominal pain patient woman having medical exam with doctor on illness from stomach cancer, irritable bowel syndrome, pelvic discomfort, Indigestion, Diarrhea, GERD (gastro-esophageal reflux disease) Perut kembung (Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong)

3. Apel

Meskipun merupakan makanan sehat, apel mengandung fruktosa tinggi. Mengonsumsi terlalu banyak fruktosa dapat menyebabkan kembung.

Apel juga dianggap sebagai makanan FODMAP tinggi, yang dapat menyebabkan kembung pada beberapa orang. Menurut Johns Hopkins Medicine, FODMAP adalah akronim untuk gula yang diserap oleh usus kecil dengan buruk (oligosakarida yang difermentasi, disakarida, monosakarida, dan poliol).

4. Sayuran cruciferous

Sayuran cruciferous termasuk brokoli, kembang kol, kubis, kangkung, arugula, dan kubis brussel. Jenis sayuran ini mengandung gula yang disebut raffinose, yang bisa menyebabkan gas. Memakannya dalam jumlah banyak dapat menyebabkan gas berlebih menumpuk sehingga memicu perut kembung.

5. Produk susu

Produk susu termasuk keju, susu, dan es krim dapat menyebabkan masalah perut bagi sebagian orang karena laktosa. Menurut International Foundation for Gastrointestinal Disorders banyak orang mengalami kesulitan mencerna laktosa terutama orang dewasa yang berlatar belakang Afrika, Amerika, atau Asia.

Jika Anda tidak dapat berhenti mengonsumsi produk susu, cobalah mengonsumsi suplemen enzim seperti Lactaid sebelum makan untuk membantu tubuh memecah laktosa. Berbeda dengan yoghurt, jenis produk susu ini justru dapat membantu meredakan perut kembung.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Ini Bahaya Jika Makan Terlalu Cepat"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)