Kamis, 10 Mar 2022 07:30 WIB

Robert Pattinson Jalani 'Sipping Diet' Demi Jadi Batman, Metode Apa Itu?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
PARIS, FRANCE - JANUARY 20: Robert Pattinson attends the Dior Homme Menswear Fall/Winter 2018-2019 show as part of Paris Fashion Week on January 20, 2018 in Paris, France.  (Photo by Vanni Bassetti/Getty Images for Dior Homme) Robert Pattinson (Foto: Getty Images)

Seberapa Berbahaya 'Sipping Diet'?

"Ini menyebabkan tubuh mulai mengatur jumlah air yang hilang melalui ekskresi," bebernya.

"Mereka kemudian akan tiba-tiba dan secara drastis memotong asupan air ini, tetapi karena ada penundaan sebelum tubuh dapat menyesuaikan diri dengan ini, seseorang terus mengeluarkan air dengan kecepatan yang dipercepat", tambah Dr Auerbach.

Meski sering dilakukan para atlet, ia menegaskan metode ini bisa menyebabkan dehidrasi tubuh secara keseluruhan. Metode ini juga tidak selalu berhasil, tergantung bagaimana tubuh seseorang bereaksi terhadap jumlah air atau natrium yang mereka konsumsi.

"Baik kelebihan air dan tiba-tiba memotong asupan air bisa sangat berbahaya. Overhidrasi dapat mengakibatkan gangguan pada fungsi otak dan kejang," imbuhnya.

Selain itu, Dr Auerbach mengatakan 'sipping diet' ini bisa menyebabkan kerusakan ginjal yang signifikan serta ketidakseimbangan elektrolit penting. Hal ini bisa mengakibatkan adanya perubahan irama jantung yang mengancam jiwa.

"Saya sangat menyarankan untuk tidak menggunakan metode ini sebagai 'perbaikan cepat'," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Ahli Gizi Jawab soal Diet Harus Batasi Garam dan Gula"
[Gambas:Video 20detik]

(sao/up)