Jumat, 07 Jun 2019 16:15 WIB

5 Tips Kontrol Nafsu Makan Usai Terbawa Kalap Makan Opor Ayam

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ilustrasi opor ayam enak dan segar. Foto: Tim Infografis detikcom Ilustrasi opor ayam enak dan segar. Foto: Tim Infografis detikcom
Jakarta - Siapa yang abis lebaran jadi sulit untuk mengontrol nafsu makan? Bangun tidur langsung yang dicari ketupat plus opor ayam. Bengong sedikit langsung ngemilin kue lebaran. Kalau begini ya wajar saja berat badan otewe menanjak!

Supaya kamu bisa kembali mengontrol nafsu makan sehabis lebaran, detikHealth sudah merangkum tips-tips yang bisa kamu terapkan.


1. Jauhkan makanan tidak sehat dari pandangan

Sulit untuk makan sehat jika kamu dikelilingi oleh makanan yang kurang menyehatkan. Boleh saja makan opor ayam, tapi bukan berarti kamu terus-terus menyediakan opor ayam di dapur supaya rasa ingin kamu tersalurkan.

Namun kalau ini dikarenakan agar saudaramu yang datang dari kampung bisa ikut mencicipinya saat ke rumah, sebisa mungkin jangan meletakkannya di atas meja makan yang membuat kamu membacanya seperti 'di sediakan untukku'.

2. Jangan gampang menyerah

Ketika diet dimulai, percayalah godaannya selalu ada. Misalnya kue lebaran yang masih bergeletakan di atas meja. Kadang suka kelupaan mengunyah-ngunyah tanpa henti. Saat tersadar kamu malah jadi berpikiran 'ah sudah terlanjur,' dan menghabiskan satu toples. Duh jangan begitu!

Ketika kamu tersadar kamu sudah terlalu banyak makanan tidak sehat maka gantilah dengan sesuatu yang lebih menyehatkan atau berhenti makan sekalian.

3. Ganti camilanmu

Memiliki camilan berprotein tinggi dan sehat dapat membantu menjaga selera makanmu. Beberapa contoh camilan yang baik adalah almond, telur rebus, keju, atau Greek yogurt. Jadi nggak ada alasan lagi menghabiskan satu toples kue lebaran karena nggak ada camilan lagi.


4. Olahraga sekalian deh

Penelitian menunjukkan bahwa ketika kamu melakukan perubahan pola makan dan aktivitas fisik secara bersamaan, hasilnya cenderung saling memperkuat.

Dalam sebuah penelitian di 200 orang, mereka yang mulai makan makanan sehat dan berolahraga pada saat yang sama dan hasilnya ternyata membuat mereka lebih mudah untuk mempertahankan perilaku ini daripada mereka yang memulai dengan diet atau berolahraga sendiri, kemudian menggabungkan keduanya pada kemudian waktu.

5. Catat kemajuan

Masukan makanan yang kamu makan ke dalam buku harian, atau aplikasi pendata makanan, atau aplikasi lainnya yang membantu kamu mempertahankan diet sehat dan menurunkan berat badan. Mengukur kemajuan olahraga pun juga bermanfaat dan memberi kamu motivasi yang dapat membantu kamu terus maju serta berkembang. (ask/frp)