Back to Top
Kombinasi Madu, Susu, Telur

1

Kombinasi Madu, Susu, Telur

Minum segelas susu dicampur madu dan telur saat sahur diketahui dapat meningkatkan stamina seseorang. Susu dan telur mengandung protein, sementara itu madu menyediakan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk metabolisme yang efektif.

Oleh karena itu, campuran susu, madu dan telur dapat menyediakan tambahan tenaga terutama untuk anak-anak dan lansia.

Next
Sahur dengan Almond

2

Sahur dengan Almond

Almond mengandung lemak tak jenuh tunggal (mono-unsaturated fat) yang bisa membantu memberikan energi saat berpuasa. Selain itu almond juga mengandung magnesium yang membantu dalam proses asimilasi makanan dalam tubuh.

Next
Variasi Roti Bakar

3

Variasi Roti Bakar

Menerapkan kombinasi roti bakar dengan irisan alpukat atau telur orak-arik bisa menyediakan tenaga saat berpuasa. Sebab saat sahur disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat dan protein yang seimbang.

Next
Konsumsi Jintan Hitam

4

Konsumsi Jintan Hitam

Jintan hitam atau dikenal dengan nama habbatussauda ini mengandung banyak vitamin bagi tubuh seperti thymoquinone, beta sitosterol, asam miristat, asam palmitat, asam palmitoleat, asam stearat, asam oleat, asam linoleat, asam linolenat, asam arakidonat, protein, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, asam folat, kalsium, besi, tembaga, seng, dan fosfor.

Oleh karena itu, jintan hitam dapat membantu tubuh merangsang energi dan proses penyembuhan dari kelelahan dan tak bertenaga.

Next
Minum Yoghurt Saat Sahur

5

Minum Yoghurt Saat Sahur

Yoghurt mengandung probiotik, antioksidan dan elektrolit. Dipercaya, kandungan elektrolit yang terkandung dalam yoghurt ini dapat menjauhkan diri dari rasa haus dan mencegah dehidrasi sehingga dapat membuat tubuh bertenaga selama menjalankan ibadah puasa.

Next
Minum Teh Ginseng

6

Minum Teh Ginseng

Teh ginseng telah dikenal selama berabad-abad sebagai antioksidan. Nah, melalui secangkir teh ginseng, tubuh akan mendapatkan efek menenangkan pada saraf serta memberikan energi tambahan.

Next
Makan Kacang Merah Saat Sahur

7

Makan Kacang Merah Saat Sahur

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti kacang merah sebaiknya dikonsumsi dalam porsi yang cukup ketika sahur. Sebabnya, karbohidrat kompleks tidak mudah dicerna tubuh dan dapat menimbulkan rasa kenyang lebih lebih lama. Dengan rasa kenyang yang lebih lama, puasa pun lancar.

Next
Konsumsi Buah Apel

8

Konsumsi Buah Apel

Seorang ahli gizi holistik dan penulis buku Must Have Been Something I Ate, Peggy Kotsopoulos mengatakan mengonsumsi satu buah apel mampu meninkatkan energi. Sebab buah apel mengandung vitamin C, serat dan karbohidrat kompleks yang mampu memberikan dorongan energi dan menstabilkan gula darah.

Next
Cukupi Air Minum Saat Sahur

9

Cukupi Air Minum Saat Sahur

Dehidrasi dapat menyebabkan segala jenis gangguan, mulai dari gangguan mental, gangguan memori jangka pendek, pusing hingga kelelahan. Oleh karena itu, pastikan untuk cukup mengonsumsi air ketika sahur.

Next
Sahur dengan Gizi Seimbang

10

Sahur dengan Gizi Seimbang

Diet yang gizi seimbang akan memberikan energi bagi kebanyakan orang yang dibutuhkan untuk aktivitas fisik. Makanlah dengan jumlah porsi karbohidrat, protein, sayur dan buah yang seimbang.

Next
Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

11

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Selain untuk menangkal berbagai macam penyakit, mengonsumsi buah dan sayur juga dapat membuat tubuh fit selama puasa. Oleh karena itu, disarankan mengonsumsi semua buah-buahan dan sayuran kaya akan nutrisi dan kandungan serat.

Next
Jauhi Seledri Saat Sahur

12

Jauhi Seledri Saat Sahur

Semua sayuran memiliki khasiatnya masing-masing, termasuk seledri. Namun untuk menu sahur, selediri sebaiknya dihindari pasalnya seledri mempunyai efek diuretik. Nah, efek ini dapat membuat seseorang lebih sering buang air ke belakang sehingga tenaga yang dimiliki tubuh akan mudah berkurang.

Next
Konsumsi Kubis dan Kembang Kol

13

Konsumsi Kubis dan Kembang Kol

Sayuran ini mengandung senyawa isothiocyanates yang mengaktifkan protein NRF2. Protein ini membentuk mitokondria yang mengubah gula menjadi tenaga.

"Makin banyak mitokondria, makin baik pula otot bekerja dan rasanya tidak cepat lemas," kata Mladen Golubic, MD dari Cleveland Clinic's Wellness Institute.

Next
Konsumsi Daging Merah

14

Konsumsi Daging Merah

Lemas saat berpuasa bisa diatasi dengan mengonsumsi daging merah. Sebab salah satu sumber utama zat besi adalah daging merah. Nah, di antara berbagai jenis daging merah, daging sapi paling banyak mengandung zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Next
Perbanyak Konsumsi Vitamin C

15

Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Vitamin C terbukti ampuh untuk menjaga kesegaran tubuh dan menjauhkan Anda dari rasa haus saat berpuasa. Hal ini disebabkan vitamin C dapat menyegarkan tubuh dan mencegah dehidrasi.

Next
Hindari Konsumsi Gorengan

16

Hindari Konsumsi Gorengan

Gorengan juga kerap dituding menyerap lebih banyak cairan tubuh sehingga orang-orang yang berpuasa jadi rentan haus dan dehidrasi. Pasalnya gorengan memiliki kandungan garam yang tinggi sehingga meningkatkan kemungkinan dehidrasi.

Next
Makan Timun Jepang

17

Makan Timun Jepang

Untuk terhindar dari rasa lemas akibat berpuasa, Anda bisa mengonsumsi timun jepang atau zukini. Sayuran ini memiliki kadar air yang tinggi, yakni sekitar 90 persen, sehingga dapat membantu mencegah dehidrasi.

Next
Minum 8 Gelas Air Putih

18

Minum 8 Gelas Air Putih

Setiap orang dianjurkan untuk meminum 8 gelas air putih per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan. Saat puasa, aturan 8 gelas juga masih berlaku, namun tentunya dengan sedikit penyesuaian.

Caranya, minum 2 gelas air putih saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, 2 gelas saat makan malam dan 2 gelas sebelum tidur.

Next
Sahur Oatmeal dengan Kurma

19

Sahur Oatmeal dengan Kurma

dr Herry Djagat Purnomo, SpPD-KGEH, mengatakan, salah satu menu yang dapat diandalkan untuk memberi cukup energi di waktu sahur yang sempit adalah oatmeal.

"Makan oatmeal paling baik, misalnya sisa waktu imsak tinggal 10 menit ya makan oatmeal saja. Atau kalau punya kurma boleh, karena kurma bagus dan kalorinya lumayan. Oatmeal juga bisa dikonsumsi dengan cara dicampur buah-buahan," pesan dr Herry.

Next
Konsumsi Sayur Bayam

20

Konsumsi Sayur Bayam

Sayuran ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh sepeti meningkatkan kekebalan dan menyehatkan pencernaan. Selain itu, bayam juga dapat menggantikan kandungan zat besi dan mineral mikro dalam tubuh yang hilang saat mengalami dehidrasi.

Next
Hindari Kopi Saat Sahur

21

Hindari Kopi Saat Sahur

Mengonsumsi kopi cenderung membuat seseorang lebih banyak menyebabkan keluarnya cairan tubuh atau urine. Sehingga hal tersebut membuat seseorang yang berpuasa akan lebih mudah haus dan lemas.

Next
Sahur dengan Nasi Merah

22

Sahur dengan Nasi Merah

Karbohidrat kompleks seperti nasi merah dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga tidak mudah lemas. Sementara, mengonsumsi karbohidrat biasa justru dapat membuat tubuh cepat merasa lemas karena gula dalam darah meningkat.

Next
Konsumsi Air Gula Saat Sahur

23

Konsumsi Air Gula Saat Sahur

Setelah mengonsumsi makan sahur, konsumsi air gula di sisa waktu sahur yang ada juga dianjurkan agar energi yang dimiliki juga lebih banyak.

"Tapi jangan minum-minuman yang memiliki kadar gula yang terlalu tinggi karena dapat membuat ngantuk," pesan dokter A.R Inge permadhi, MS, SpGK.

Next
Minum Susu Saat Sahur

24

Minum Susu Saat Sahur

dr A.R. Inge Permadhi, MS, SpGK dari Departemen Ilmu Gizi FKUI mengatakan bahwa salah satu cara mudah untuk cepat merasa kenyang dan tak mudah lapar adalah dengan minum susu. Susu menurut dr Inge, membuat perut terasa penuh dan terasa kenyang.

"Minum susu juga baik sekali. Karena susu dapat membuat lambung lebih cepat kenyang dan berenergi," ujarnya.

Next
Kurangi Makanan Manis Saat Sahur

25

Kurangi Makanan Manis Saat Sahur

Mengonsumsi makanan manis saat sahur akan meningkatkan gula darah secara cepat namun kemudian akan menurunkannya secara drastis. Sehingga pada akhirnya tubuh akan kekurangan zat gula sebagai zat tenaga dan menyebabkan tubuh cepat lemas dan mengantuk.

Next
Konsumsi Buah Berserat Tinggi

26

Konsumsi Buah Berserat Tinggi

Mengonsumsi buah berserat tinggi seperti apel, pir dan anggur pada saat sahur dapat mencegah rasa lapar. Hal ini terjadi karena serat membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna dan diserap oleh tubuh.

Next
Sayur dan Kacang-kacangan

27

Sayur dan Kacang-kacangan

Selain buah, makanan lain yang mampu mengenyangkan perut lebih lama adalah sayur dan kacang-kacangan. Pasalnya, makanan ini mempunyai serat yang tidak kalah tinggi dari dari buah.

Next
Kurangi Konsumsi Teh Saat Sahur

28

Kurangi Konsumsi Teh Saat Sahur

Teh merupakan salah satu minumanan yang bersifat diuretik. Sehingga mengonsumsi teh dapat membuat seseorang lebih sering buang air kecil setelah mengonsumsinya sehingga mudah menyebabkan seseorang lemas.

Next
Hindari Makanan Kalengan

29

Hindari Makanan Kalengan

Ikan sarden dan makarel merupakan salah satu jenis makanan yang lezat untuk disantap. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa makanan ini mengandung zat garam yang cukup tinggi. Sementara garam sendiri dapat menyerap air di dalam tubuh sehingga mudah menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi saat berpuasa.

Next
Konsumsi Buah Beserta Kulitnya

30

Konsumsi Buah Beserta Kulitnya

Buah-buahan memang memiliki manfaat seperti dapat mengenyangkan tubuh lebih lama. Sebab buah-buahan memilii serat yang tinggi. Nah, dr A.R Inge Permadhi, MS, SpGK dari Siloam Hospital mengatakan, manfaat buah akan semakin besar bila dikonsumsi beserta kulitnya.

Next
Sahur dengan Tempe

31

Sahur dengan Tempe

Saat sahur, diperlukan pendamping makanan yang baik untuk tubuh misalnya tempe. Sebab tempe merupakan sumber protein yang juga memiliki kandungan vitamin B12.Saat sahur, diperlukan pendamping makanan yang baik untuk tubuh misalnya tempe. Sebab tempe merupakan sumber protein yang juga memiliki kandungan vitamin B12.

Next
Hindari Bubur Saat Sahur

32

Hindari Bubur Saat Sahur

Agar tidak cepat lapar, sebaiknya Anda menghindari makanan yang lembek seperti bubur saat sahur. Pasalnya, hal ini berkaitan dengan kadar gula darah di mana sebaiknya saat puasa adalah konsumsi makanan rendah glikemik saat sahur, dan tinggi glikemik saat berbuka.

Next
Minum Air Lemon, Madu, dan Daun Mint

33

Minum Air Lemon, Madu, dan Daun Mint

Kandungan baik yang dimiliki air perasan lemon, juga bisa mencegah datangnya haus yang mengganggu saat puasa. Tambahkan madu atau daun mint yang bisa menambah kesegaran dan manfaatnya.

Next
Hindari Sahur dengan Telur Asin

34

Hindari Sahur dengan Telur Asin

Agar puasa lancar dan tidak mudah haus disarankan mengurangi makanan tinggi kadar garam, seperti telur asin. Karena telur asin bisa membuat air cepat keluar dari sel lho. Sehingga tubuh, cepat sekali kehilangan cairan dan akibatnya dehidrasi.

Next
Suplemen Vitamin

35

Suplemen Vitamin

Suplemen vitamin dapat dikonsumsi ketika seseorang tidak mampu mendapat makanan yang seimbang dari makanan sehari-hari seperti saat puasa. Nah, untuk pemilihan vitaminnya, dianjurkan yang mengandung berbagai jenis vitamin, atau multivitamin. Persoalannya, tidak semua orang tahu dia kekurangan vitamin apa.

Next
Minum Jus Timun dengan Buah Melon

36

Minum Jus Timun dengan Buah Melon

Walaupun timun mengandung zat diuretik, konsumsi timun dalam bentuk jus tidak ada salahnya lho. Hal ini dikarenakan, timun mengandung banyak air. Jika timun digabungkan dengan buah melon, kandungannya akan mencegah keringat berlebih keluar dari tubuh dan akan membuat tubuh Anda lebih segar.

Next
Konsumsi Edamame

37

Konsumsi Edamame

Edamame adalah jenis kacang-kacangan. Kacang yang satu ini kaya akan protein sehingga cocok untuk dikonsumsi saat sahur.

Next
Minum Teh Hijau

38

Minum Teh Hijau

Teh dan kopi memiliki zat diuretik yang dapat menyebabkan seseorang lemas saat berpuasa. Oleh karena itu, Anda dapat menggantinya dengan teh hijau. Sebab teh hidup dapat meningkatkan energi dalam tubuh karena senyawa aktif yang dimilikinya.

Next
Konsumsi Salmon

39

Konsumsi Salmon

Salmon adalah makanan laut yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sebab ikan yang satu ini kaya akan asam lemak omega-3. Sehingga ketika Anda merasa lelah karena peradangan internal, kolesterol baik dalam salmon bisa menjadi antiperadangan.

Next
Penuhi kebutuhan lemak sehat

40

Penuhi kebutuhan lemak sehat

Dengan adanya lemak sehat atau HDL, orang tidak akan mudah lapar karena lemak berperan penting menyediakan cadangan energi. Lemak sehat bisa didapatkan dari ikan, kacang-kacangan, minyak kelapa dan buah berlemak seperti alpukat.

Next
Sahur dengan Telur

41

Sahur dengan Telur

Walaupun terkenal dengan kolesterol yang tinggi, telur kaya akan protein, zinc dan kolin. Dengan begitu, mengonsumsi telur saat sahur dapat meningkatkan tenaga dalam tubuh.

Next
Mengonsumsi Madu

42

Mengonsumsi Madu

Madu adalah cairan manis yang mengandung gula sampai 70-80 persen. Sisanya, adalah air, mineral, beberapa protein, asam dan partikel lainnya. Madu bagus untuk anti-bakteri, dan baik juga dikonsumsi secara rutin. Nah agar kuat berpuasa, Anda bisa makan 3 butir kurma dan 2 sendok makan madu setelah makan sahur dan begitu juga saat berbuka puasa.

Next
Konsumsi Ubi Jalar

43

Konsumsi Ubi Jalar

Makanan karbohidrat kompleks lainnya adalah ubi jalar. Dengan mengonsumsi makanan ini, tubuh tidak akan mudah merasa lelah akibat penurunan gula darah. Selain itu, ubi jalar juga memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

Next
Jauhi Makanan Pedas

44

Jauhi Makanan Pedas

Ahli gizi dari Dubai Health Authority, Dr Wafa Ayesh mengatakan konsumsi makanan asin akan meningkatkan kebutuhan tubuh akan air dan membuat kembung. Sementara itu, konsumsi makanan pedas juga membuat kita lebih cepat haus. Sebaiknya, pilih makanan yang dicerna tubuh lebih lama seperti gandum, bayam, dan almond.

Next
Konsumsi Brokoli

45

Konsumsi Brokoli

Brokoli merupakan sayuran hijau yang bisa memberi Anda energi. Nah, antioksidan dalam brokoli bisa menyembuhkan kerusakan oksidatif dalam tubuh karena kekurangan energi.

Next
Karbohidrat Kompleks dan Lauk Berprotein

46

Karbohidrat Kompleks dan Lauk Berprotein

Jenis karbohidrat seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum, nasi merah merupakan karbohidrat kompleks yang kadar gulanya rendah dan menahan kenyang lebih lama hingga 6 jam.

Sedangkan untuk mencegah badan lemas kurang tenaga, cara yang efektif adalah dengan menambahkan sumber protein. Misalnya dari daging ikan. Dengan protein yang cukup, maka metabolisme tubuh lancar buntutnya tidak cepat lelah atau lemah.

Next
Minum air putih hangat setelah sahur

47

Minum air putih hangat setelah sahur

Setelah selesai makan sahur, cobalah untuk meminum segelas air putih hangat. Lakukan menjelang imsak. Air putih hangat berfungsi untuk melunturkan sisa-sisa makanan yang tertinggal, terlebih sisa makanan manis dan berminyak. Air hangat akan membersihkan mulut dari sisa makanan sehingga meminimalisasi rasa haus yang dirasa.

Next
Penuhi Kebutuhan Karbohidrat

48

Penuhi Kebutuhan Karbohidrat

Dr dr Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK, pakar nutrisi dari RS Cipto Mangunkusumo mengatakan bahwa kebutuhan kalori dapat dipenuhi dengan karbohidrat. Tidak selalu dari nasi, bisa juga dengan roti dan sejenisnya yang memiliki karbohidrat kompleks sehingga menjaga perut kenyang lebih lama dan mencegah munculnya rasa lelah.

Next
Makan Kurma Usai Sahur

49

Makan Kurma Usai Sahur

Kurma merupakan sumber gula yang baik sehingga dapat memberikan energi tambahan pada tubuh. Selain itu, kurma juga mengandung banyak serat untuk mengatur pergerakan sistem pencernaan, selain itu juga kaya akan magnesium dan potassium. 

Next
Tidak Konsumsi Mi Instan Saat Sahur

50

Tidak Konsumsi Mi Instan Saat Sahur

Kandungan seperti natrium, lemak jenuh dan MSG pada mi instan akan membuat Anda memiliki rasa dahaga atau rasa haus yang tinggi, tenggorokan pun akan jadi kering. Selain itu, mi instan juga membuat cepat lapar lho.

"Mi instan itu mengandung kadar glikemik yang tinggi, energi yang kita keluarkan banyak, sehingga cepat lapar," kata dr Tirta Prawita Sari, MSc, SPGK,