Back to Top
They Look Like People

1

They Look Like People

Wyatt dan Christian, dua sahabat lama kembali bertemu di New York CIty dan memutuskan untuk tinggal bersama untuk sementara. Wyatt mengidap skizofrenia sementara Christian berjuang mempertahankan persahabatan mereka sembari mengatasi masalahnya sendiri.

Next
Melancholia

2

Melancholia

Hidup dengan depresi kronis bukanlah hal yang menyenangkan. Namun ketika dunia terancam kiamat, seorang wanita pengidap depresi tiba-tiba menjadi bijaksana, sementara orang-orang lain di sekitarnya panik dan dalam kekacauan.

Next
I'm A Cyborg, But That's OK

3

I'm A Cyborg, But That's OK

Film komedi romantis dari Korea ini menyuguhkan cerita yang tidak biasa. Bagaimana tidak? Seorang wanita mengalami halusinasi parah yang meyakini bahwa dirinya adalah seorang cyborg.

Next
Girl, Interrupted

4

Girl, Interrupted

Dua orang gadis dengan masalah kesehatan jiwa yang berbeda ditempatkan dalam satu rumah sakit jiwa yang sama. Film berlatar tahun 1960-an ini memperlihatkan bagaimana kerasnya perlakuan rumah sakit jiwa kepada pasien.

Next
The Fisher King

5

The Fisher King

Mantan penyiar radio populer, Jack, harus berurusan dengan pengemis bernama Parry setelah upaya bunuh dirinya gagal. Mereka pun berpetualang mencari Holy Grail sembari membantu Parry lepas dari PTSD yang ia alami.

Next
Synecdoche, New York

6

Synecdoche, New York

Seorang sutradara pentas teater harus bercerai dengan istrinya. Di tengah kesehatannya yang menurun, ia menggelar sebuah pentas besar untuk penonton di kota New York.

Next
Little Miss Sunshine

7

Little Miss Sunshine

Satu keluarga besar mengantar Olive untuk mengikuti kontes kecantikan. Dalam perjalanan, diketahui paman Olive pernah mencoba bunuh diri namun tidak terjebak ke dalam lobang depresi yang dalam.

Next
A Streetcar Named Desire

8

A Streetcar Named Desire

Blanche Dubois mengidap gangguan kecemasan setelah suaminya meninggal dan ia harus tinggal bersama adik dan iparnya. Sebuah film klasik yang menceritakan bagaimana salahnya perlakuan orang-orang kepada wanita dengan gangguan jiwa di tahun 1950-an

Next
What's eating Gilbert Grape

9

What's eating Gilbert Grape

Film ini menceritakan persahabatan tiga orang remaja, tanpa mengetahui bahwa salah satu dari mereka harus hidup dengan ibu yang depresi dan obesitas.

Next
Benny & Joon

10

Benny & Joon

Mengidap skizofrenia bukan berarti membuat Joon tak bisa jatuh cinta. Sayang, Benny, kakak sekaligus keluarga satu-satunya, menentang kisah cintanya.

Next
Basic Instinct

11

Basic Instinct

Manipulatif dan seksi merupakan dua kata yang mendeskripsikan Catherine Tramell dengan baik. Namun dibalik itu, ia ternyata memiliki gangguan kepribadian yang cukup parah.

Next
The Notebook

12

The Notebook

Kisah cinta masa remaja tentang sepasang kekasih di tahun 1940-an, ternyata menyimpan rahasia bagi seorang wanita tua yang mengalami demensia.

Next
It's Kinda Funny Story

13

It's Kinda Funny Story

Merasa depresi, seorang remaja berusia 16 tahun meminta untuk dirawat di rumah sakit jiwa. Interaksi dengan pasien lain membuatnya mengerti bahwa menjadi manusia berarti harus siap menghadapi penolakan dan tantangan.

Next
Secret Window

14

Secret Window

Tuduhan plagiarisme dan masalah rumah tanga membuat seorang penulis ternama mengasingkan diri. Di sana, ia mendapat teror dari seseorang yang tak dikenalnya.

Next
Belahan Jiwa

15

Belahan Jiwa

Trauma yang bertubi-tubi di masa kecil telah membuat sosok Cempaka tumbuh sebagai gadis yang pemurung dan penyendiri. Hal ini berbanding terbalik dengan empat gadis lain yang muncul di film.

Next
fiksi.

16

fiksi.

Seorang gadis kaya memiliki fantasi aneh soal cinta. Gadis yang belakangan diketahui merupakan psikopat ini berusaha menghancurkan rumah tangga pujaan hatinya dengan cara-cara keji.

Next
Me, Myself & Irene

17

Me, Myself & Irene

Gangguan kepribadian membuat seorang polisi kesulitan melindungi warga. Film yang dibintangi Jim Carrey ini memperlihatkan bagaimana rasanya hidup dengan kepribadian ganda secara lucu.

Next
Silver Lining Playbook

18

Silver Lining Playbook

Seorang pengidap bipolar mencoba menjalin hubungan kembali dengan mantan istrinya. Hubungan menjadi lebih rumit ketika seorang wanita dengan masa lalu yang gelap mendekatinya.

Next
Jacob's Ladder

19

Jacob's Ladder

Derita akibat kehilangan anak membuat seorang veteran perang Vietnam dengan PTSD harus memilih mana aspek hidupnya yang hanya khayalan dan mana yang realita.

Next
Lars and Real Girl

20

Lars and Real Girl

Kisah komedi drama tentang seorang pria yang memiliki hubungan tidak biasa dengan kekasihnya, seorang boneka yang ia temukan di internet.

Next
The Machinist

21

The Machinist

Apa rasanya bekerja di sebuah pabrik besar namun tidak pernah tidur selama satu tahun? Rasa curiga dan bisikan gaib muncul, menyebabkan pria ini mengalami halusinasi tingkat tinggi.

Next
Inception

22

Inception

Trauma masa lalu membuat seorang pencuri data rahasia tak bisa menyelami mimpinya yang paling dalam. Sebuah cerita drama action menarik yang dibintangi oleh Leonardo Di Caprio.

Next
The Voices

23

The Voices

Film bergenre horor komedi ini mengisakah seorang pemuda yang berupaya mengejar cinta seorang gadis. Keadaan menjadi aneh setelah pemuda tersebut meminta saran dari peliharannya yang bisa bicara.

Next
Room

24

Room

Kamar tempatnya tinggal merupakan seluruh dunia bagi Jack. Namun dunia sebenarnya lebih luas dari kamar, dan Jack harus siap hidup di dunia nyata dengan ibunya yang mengalami PTSD.

Next
The Perks of Being a Wallflower

25

The Perks of Being a Wallflower

Kehidupan SMA membuka mata seorang remaja introvert, di mana depresi, patah hati dan masalah kehidupan membuatnya mengerti bagaimana rasanya tumbuh dewasa.

Next
Nymphomaniac

26

Nymphomaniac

Terbagi menjadi dua volume, Nymphomaniac bercerita soal pengalaman hidup seorang wanita yang mengaku kecanduan seks.

Next
Donnie Darko

27

Donnie Darko

Apa yang akan Anda lakukan jika ada seseorang dalam kostum kelinci yang menyuruh Anda melakukan kejahatan? Sebuah cerita bagaimana depresi dapat memengaruhi remaja mengambil keputusan.

Next
A Clockwork Orange

28

A Clockwork Orange

Remaja penggemar musik klasik memiliki gangguan kontrol diri yang membuatnya tak bisa mengontrol amarah dan berperilaku anarkis. Ia akhirnya menjadi pasien terapi kontroversial yang dilakukan pemerintah.

Next
Mr. Nobody

29

Mr. Nobody

Seorang bocah berusia 11 tahun harus mengambil pilihan berat setelah orang tuanya bercerai. Pilihan tersebut akan memengaruhi masa depan, kehidupan dan jodohnya.

Next
My Name Is Khan

30

My Name Is Khan

Pria pengidap Asperger's syndrome menantang dirinya sendiri untuk melakukan perjalanan keliling dunia dengan satu tujuan: bertemu dengan presiden.

Next
Nightcrawler

31

Nightcrawler

Lama jadi pengangguran, pria ini menemukan passion baru di dunia jurnalisme kejahatan. Sayangnya, ia melibatkan diri terlalu jauh dalam pencarian berita.

Next
Monster

32

Monster

Film ini bercerita soal perjuangan hidup seorang pekerja seks komersial dengan beragam masalah pribadi seperti PTSD, gangguan kepribadian dan adiksi obat-obatan. Masalah menjadi lebih rumit ketika seorang wanita datang ke kehidupannya.

Next
Birdman

33

Birdman

Mantan aktor berupaya mengembalikan harga dirinya sebagai sutradara teater. Namun hari-harinya menjadi sulit akibat bisikan Birdman, karakter film superhero yang ia perankan sebelumnya.

Next
We Need to Talk About Kevin

34

We Need to Talk About Kevin

Tak ada yang menganggap Kevin, seorang anak remaja yang baik di mata ayahnya, adalah anak yang jahat kecuali ibunya. Gangguan kepribadian ditambah masalah tentang kontrol diri membuatnya menjadi seorang psikopat

Next
Orphan

35

Orphan

Sepasang suami-istri yang baru saja kehilangan bayinya mengadopsi perempuan berusia 9 tahun. Keanehan pun terjadi ketika perempuan yang mereka adopsi berusaha merayu ayah angkatnya.

Next
The Silence of the Lambs

36

The Silence of the Lambs

Dr Hannibal Lecter adalah psikiater yang tegas dan berwibawa. Namun dibalik ketenangannya, ia adalah seorang pembunuh berantai dan kanibal.

Next
The King's Speech

37

The King's Speech

Berdasarkan cerita nyata soal Raja George VI yang mengalami gagap bicara. Seorang psikologis tanpa sertifikat berupaya menyembuhkan gangguan ansietas yang menjadi sumber gagap sang raja.

Next
Eternal Sunshine of the Spotless Mind

38

Eternal Sunshine of the Spotless Mind

Trauma dengan hubungan percintaannya, sepasang kekasih memutuskan untuk menghapus ingatan tentang pasangan masing-masing tanpa sepengatahuan pasangannya.

Next
50 First Dates

39

50 First Dates

Seorang dokter hewan playboy jatuh cinta pada wanita yang tak bisa menyimpan ingatan baru. Cerita drama romantis berbalut komedi cocok menemani akhir pekan Anda.

Next
Finding Dory

40

Finding Dory

Seekor ikan yang mengalami amnesia berupaya mencari tahu soal asal-usul serta keluarganya. Petualangan bawah laut yang seru untuk orang dewasa dan anak-anak sekaligus.

Next
The Number 23

41

The Number 23

Seorang penulis terobsesi dengan angka 23. Kejadian yang dialaminya sama persis dengan apa yang tertulis dalam sebuah novel yang ditulis oleh pengarang misterius.

Next
Fight Club

42

Fight Club

Mengalami insomnia berhari-hari membuat seorang pria mengalami gangguan kepribadian, yang akhirnya berujung pada terbentuknya sebuah kelompok terorisme berkedok pertarungan.

Next
One Flew Over the Cuckoo's Nest

43

One Flew Over the Cuckoo's Nest

Penjahat berotak cerdik mengaku mengalami gangguan jiwa dan dirawat di rumah sakit jiwa. Di sana, ia mengatur pelarian bagi pasien-pasien yang diperlakukan secara semena-mena oleh dokter dan perawat.

Next
Modus Anomali

44

Modus Anomali

Seorang pria terbangun di tengah hutan dan berpacu dengan waktu, dibunuh atau membunuh. Di akhir film, terungkap pria tersebut adalah seorang psikopat yang memanipulasi ingatannya sendiri.

Next
Black Swan

45

Black Swan

Dua karakter yang berseberangan harus dimainkan oleh satu orang balerina. Tekanan untuk menjadi sempurna membuat tokoh utama mengalami halusinasi dan gangguan kepribadian.

Next
Still Alice

46

Still Alice

Alice Howland merupakan dosen linguistik ternama. Namun penyakit Alzheimer yang dimilikinya mulai memengaruhi kehidupan, keluarga, hingga pekerjaannya.

Next
A Beautiful Mind

47

A Beautiful Mind

John Nash merupakan matematikawan yang ulung di Princeton University. Sayangnya, ia mengidap paranoid skizofrenia serius yang membuatnya sering mengalami halusinasi.

Next
Pintu Terlarang

48

Pintu Terlarang

Seorang pria dengan istri yang cantik dan keluarga bahagia menemukan sebuah pintu berwarna merah di rumahnya. Membuka pintu tersebut berarti mengeluarkan rahasia kelam yang selama ini tersimpan.

Next
Shutter Island

49

Shutter Island

Seorang detektif dan rekannya menginvestigasi kasus hilangnya seorang pasien dari rumah sakit jiwa. Sang detektif pun menemukan bahwa ia bukanlah seseorang yang ia yakini selama ini.

Next
Memento

50

Memento

Memento bercerita soal pria yang sedang mencari pembunuh istrinya, namun memiliki gangguan memori jangka pendek atau anterograde amnesia. Momen terbaik dari film ini adalah ketika identitas pembunuh diketahui dan identitas si tokoh utama terungkap di akhir film.