Back to Top
Murah Senyum

1

Murah Senyum

Hal sederhana seperti tersenyum memiliki banyak manfaat, salah satunya membuat seseorang lebih positif. Hal ini pun dapat mengurangi pikiran negatif seseorang sehingga orang yang murah tersenyum dapat terhindar dari depresi, stres dan khawatir serta risiko penyakit.

Next
Memuji

2

Memuji

Memuji memiliki dampak baik terhadap orang yang diberikan pujian, misalnya menjadi lebih percaya diri. Selain itu, pujian yang diberikan juga dapat memengaruhi tumbuh kembang orang tersebut.

Next
Pakai Masker

3

Pakai Masker

Udara merupakan salah satu media penyebaran virus. Nah untuk menangkalnya, salah satu caranya bisa dengan penggunaan masker.

Next
Setop Bullying

4

Setop Bullying

Bullying dapat membuat salah satu pihak merasa tersakiti. Selain menurunkan rasa percaya diri, bullying dapat menyebabkan trauma, isolasi sosial, hingga bunuh diri.

Next
Berkebun

5

Berkebun

Berkebun bukan saja mengurus tanaman, namun kegiatan tersebut memiliki manfaat yang baik bagi mental. Selain itu ada yang dikenal dengan istilah nature deficit disorder (NDD), di mana kurangnya interaksi dengan alam dan berdampak pada kesehatan jiwa seseorang.

Next
Pakai Helm Ketika Bersepeda

6

Pakai Helm Ketika Bersepeda

Keselamatan merupakan hal nomor satu yang perlu dijaga ketika berkendara menaiki sepeda. Nah salah satu cara menjaga keselamatan dengan menggunakan helm. Namun selain untuk keselamatan, menggunakan helm juga dapat mempercepat seseorang memancal sepedanya.

Next
Memeluk Selepas Bercinta

7

Memeluk Selepas Bercinta

Pelukan dapat membuat seseorang merasaya tenang dan nyaman. Nah, hal ini juga perlu dilakukan oleh pasangan selepas bercinta karena keintiman pasca bercinta dianggap sama menyenangkannya dengan foreplay. Sehingga hubungan suami istri akan menjadi lebih baik.

Next
Jaga Pergaulan

8

Jaga Pergaulan

Pergaulan yang tidak sehat dapat menyebabkan seseorang terlibat dengan hal-hal terlarang, misalnya saja terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Karena narkoba dapat dikenal melalui lingkungan pergaulan seperti keluarga dan lingkungan yang didominasi oleh sesama pecandu.

Next
Jauhi Narkoba

9

Jauhi Narkoba

Selain menyebabkan kecanduan, narkoba juga memiliki dampak yang buruk bagi tubuh. Misalnya saja mengonsumsi narkotika jenis ganja dapat menyebabkan kepadatan tulang seseorang lebih rendah 5 persen dibandingkan seseorang yang tidak pernah mengonsumsi ganja.

Next
Makan Siang di Luar Kantor

10

Makan Siang di Luar Kantor

Kebiasaan makan siang di meja kerja memang tidak sehat baik secara fisik karena dapat membuat seseorang cenderung memilih menu fastfood, berlemak tinggi dengan minuman manis. Sementara, memilih makan siang di luar kantor dapat membuat seseorang hidup lebih bahagia.

Next
Jaga Kelembapan Miss V

11

Jaga Kelembapan Miss V

Menjaga kebersihan Miss v merupakan hal yang penting karena berkaitan dengan organ reproduksi. Salah satunya ialah, menjaga kelembapannya. Karena jika kelembapan tidak terjaga maka akan muncul bakteri yang dapat menginfeksi kemaluan.

Next
Hemat dan Sabar

12

Hemat dan Sabar

Prilaku ternyata juga dapat memengaruhi berat badan seseorang. Karena dengan berprilaku boros dan tidak sabaran dapat menaikkan berat badan seseorang. Hal ini berkaitan dengan cara seseorang mengabiskan uangnya.

Next
Basuh Vagina dengan Air Bersih

13

Basuh Vagina dengan Air Bersih

Vagina memiliki kadar pH yakni 3,5-4,5. Sementara beberapa produk kebersihan tidak memiliki pH seperti itu. Nah untuk membersihkannya, vagina hanya memerlukan air bersih karena ia memiliki mekanisme kesehatan yang luar biasa.

Next
Bawa Bekal

14

Bawa Bekal

Selain lebih hemat, membawa bekal dari rumah juga dapat menyehatkan tubuh seseorang. Karena sering membawa bekal dapat membuat seseorang lebih menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuhnya sehingga dapat mengurangi risiko diabetes tipe dua.

Next
Atasi Jerawat dengan Kulit Pisang

15

Atasi Jerawat dengan Kulit Pisang

Bahan alami memang lebih baik digunakan untuk tubuh, misalnya seperti kulit pisang untuk mengatasi jerawat. Kulit pisang kaya akan nutrisi, karbohidrat, vitamin B6, B12, magnesium dan kalium yang jika digosokkan pada jerawat dengan tambahan madu dapat mengatasi dan mengurangi bekas jerawat pada wajah.

Next
Makan Wortel

16

Makan Wortel

Selain enak, wortel juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Karena wortel mengandung betakaroten yang merupakan pro vitamin A untuk menjaga metabolisme mata dan kelenjar air mata.

Next
Kurangi Main Medsos

17

Kurangi Main Medsos

Terlalu sering bermain media sosial atau medsos dapat membuat masalah pada psikologis seseorang dan hal ini juga berkaitan dengan risiko depresi. Sebab, ada hal-hal yang diinginkan tetapi sebenarnya hal itu bukan target orang yang bersangkutan seperti mengidentifikasi diri pada seorang idola.

Next
Rajin Cuci Tangan

18

Rajin Cuci Tangan

mencuci tangan merupakan salah satu rutinitas sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi dan penyebaran penyakit. Karena tangan menjadi media perpindahan kuman yang paling mudah.

Next
Kurangi Makanan Manis

19

Kurangi Makanan Manis

Mengonsumsi terlalu banyak makanan manis dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Hal tersebut terjadi karena bakteri mendapat makanan berupa gula yang dapat diubah menjadi asam yang dapat merusak lapisan anemel.

Next
Rajin Ke Dokter Gigi

20

Rajin Ke Dokter Gigi

Rajin memeriksa gigi minimal dua kali dalam setahun dapat memberikan kesehatan pada gigi. Selain itu seseorang juga memiliki peluang lebih rendah terserang pneumonia atau radang paru-paru sebanyak 86 persen.

Next
Ekspresikan Rasa Cinta Kepada Pasangan

21

Ekspresikan Rasa Cinta Kepada Pasangan

Ada banyak cara mengekspresikan rasa cinta kepada pasangan. Nah selain itu, mengekspresikan cinta juga bisa berdampak baik bagi kesehatran karena ketika mengekspresikan perasaan tubuh memproduksi hormon oksitosin yang dapat memberi efek menenangkan.

Next
Berkumpul Bersama Keluarga

22

Berkumpul Bersama Keluarga

Berkumpul bersama keluarga bisa menjadi momen yang jarang dilakukan oleh masyarakat modern. Nah oleh karena itu sisihkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga karena hal ini dapat mempererat hubungan. Selain itu juga baik untuk kesehatan jiwa karena seseorang akan merasa nyaman.

Next
Rajin Sikat Gigi

23

Rajin Sikat Gigi

Malas sikat gigi dapat membuat sisa makanan menempel di sela-sela gigi. Selain memicu bau mulut, sisa makanan yang tidak dibersihkan juga dapat memicu gigi berlubang.

Next
Lakukan Meditasi

24

Lakukan Meditasi

Meditasi atau yoga merupakan salah satu olahraga yang mudah dilakukan. Selain itu, manfaat yang didapat juga luar biasa karena adapat menenangkan pikiran sehingga dapat menghindari seseorang dari stres.

Next
Minimalisir Stres

25

Minimalisir Stres

Stres dapat merusak sistem imun alami tubuh seseorang dengan menghambat kerja sistemnya. Akibatnya, risiko kanker dan masalah kesehatan lainnya akan meningkat.

Next
Berpikir Positif

26

Berpikir Positif

Berpikir negatif dapat menambah risiko untuk stres dan memperburuk keadaan seseorang. Sementara, sikap positif lebih menguntungkan karena akan cenderung hidup lebih lama.

Next
Tidak Balas Dendam Tidur di Akhir Pekan

27

Tidak Balas Dendam Tidur di Akhir Pekan

Menambah jam tidur di akhir pekan bukan solusi untuk mengganti waktu tidurnya yang hilang di hari kerja. Karena menambah jam tidur justru dapat membahayakan kesehatan seperti merasa letih.

Next
Berjalan Kaki Selama Satu Jam

28

Berjalan Kaki Selama Satu Jam

Kebanyakan duduk memang berdampak buruk bagi kesehatan. Nah untuk mengatasinya Anda dapat berjalan kaki selama satu jam. Dengan begitu tingkat risiko penyakit kronis dapat menurun.

Next
Kurangi Begadang

29

Kurangi Begadang

Kekurangan waktu tidur dapat mengurangi kesehatan tubuh seseorang. Misalnya dapat kehilangan kemampuan fokus dalam jangka panjang berisiko untuk berbagai penyakit seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung, stroke, dan kegemukan akan meningkat hingga menyebabkan kematian.

Next
Rajin Mandi dan Cuci Pakaian Sebelum Tidur

30

Rajin Mandi dan Cuci Pakaian Sebelum Tidur

Polutan atau zat polusi memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Nah salah satu cara mengurangi dampaknya adalah dengan mandi dan mencuci pakaian dengan bersih sehingga risiko polutan masih menempel dan menyebar ke dalam rumah bisa dikurangi.

Next
Hindari Minuman Beralkohol

31

Hindari Minuman Beralkohol

Selain memabukkan, minuman beralkohol dapat menyebabkan tujuh jenis kanker pada tubuh, yaitu kanker mulut dan kerongkongan, kanker laring, kanker esofagus, kanker hati, kanker usus besar, kanker lambung, dan kanker payudara.

Next
Setop Merokok

32

Setop Merokok

Merokok merupakan hal yang berbahaya bagi kesehatan. Karena salah satu risiko dari merokok ialah mempertebal dinding jantung, yang nantinya mengganggu pemompaan darah dan dapat berujung pada gagal jantung.

Next
Pilih Yoghurt Sebagai Camilan Malam

33

Pilih Yoghurt Sebagai Camilan Malam

Ketika merasa lapar sebelum tidur, Anda bisa mengonsumsi yoghurt. Karena yoghurt merupakan makanan dengan kalori yang kurang dari 300 kcal. Selain itu, yoghurt juga tinggi protein, rendah gula dan kandungan kalsiumnya dapat membantu kualitas tidur seseorang.

Next
Rajin Gunakan Tabir Surya

34

Rajin Gunakan Tabir Surya

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi menghitam, selain itu juga dapat memicu kanker kulit. Oleh karena itu, lindungi kulit dengan rajin menggunakan tabir surya yang mengandung SPF atau Sun Protection Factor.

Next
Hindari Junk Food

35

Hindari Junk Food

Selain masalah kegemukan, junk food juga dapat merusak daya ingat seseorang. Karena junk food dapat memicu perubahan yang signifikan pada otak hingga menyebabkan kerusakan memori.

Next
Kurangi Waktu Duduk

36

Kurangi Waktu Duduk

Duduk selama 8 jam bisa menurunkan kemampuan enzim mengubah kadar kolesterol jahat menjadi baik hingga 95 persen. Selain itu, kalori yang terbakar pun akan lebih sedikit dan lipoprotein lipase, enzim yang membantu pemecahan lemak juga menurun drastis.

Next
Dengarkan Musik Tanpa Headset

37

Dengarkan Musik Tanpa Headset

Mendengarkan musik terlalu keras seperti saat menggunakan headset dapat menyebabkan seseorang megalami gangguan pendengaran. Karena suara yang terlalu keras dapat merusak sel-sel rambut halus di telinga bagian dalam yang berfungsi mengirimkan impuls suara ke otak.

Next
Beli Sepeda

38

Beli Sepeda

Siapa yang tidak ingin awet muda? Nah, salah satu caranya dengan bersepeda. Karena rutin melakukan kegiatan fisik selama satu jam dapat menyehatkan tubuh dengan mengurangi risiko penyakit jantung maupun diabetes.

Next
Mengurangi Makan Gorengan

39

Mengurangi Makan Gorengan

Mengonsumsi banyak gorengan dapat membuat berat badan seseorang bertambah. Sebab, gorengan memiliki tingkat kandungan lemak yang tinggi dari minyak goreng sehingga memicu tertimbunnya lemak dalam tubuh.

Next
'Nge-gym' di Kantor

40

'Nge-gym' di Kantor

Olahraga dapat dibuat mudah tanpa perlu pergi ke tempat gym. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan kursi misalnya, maka seseorang sudah dapat melakukan sit up dalam posisi duduk atau menggerakkan kaki ke arah samping untuk membuat otot perut bagian samping.

Next
Olahraga 30 Menit Tiap Hari

41

Olahraga 30 Menit Tiap Hari

Olahraga erat kaitannya dengan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, badan dunia menyarankan untuk berolahraga 150 menit per minggu atau 30 menit setiap harinya.

Next
Minum Air Putih Dua Liter Per Hari

42

Minum Air Putih Dua Liter Per Hari

Air putih idealnya diminum dua liter setiap harinya. Karena kekurangan asupan cairan bisa menyebabkan masalah pada sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan berat badan.

Next
Tidak Main Gadget di Tempat Tidur

43

Tidak Main Gadget di Tempat Tidur

Pemakian gadget terlalu sering di tempat tidur sering membuat seseorang mengabaikan postur tubuhnya dan membiarkan tulang punggungnya tidak disangga sehingga memicu rusak dan nyeri punggung. Hal ini mengakibatkan orang usia muda mengalami penyakit yang biasa diderita oleh lansia.

Next
Matikan Lampu Saat Tidur

44

Matikan Lampu Saat Tidur

Tidur dengan lampu kamar yang mati dapat membuat berat badan seseorang berkurang. Karena saat lampu kamar mati, tubuh memproduksi hormon melatonin yang dapat membakar kalori salama tidur. 

Next
Kurangi Kopi

45

Kurangi Kopi

Terlalu banyak mengonsumsi kopi dapat menyebabkan berbagai masalah, misalnya perut kembung. Hal ini dikarenakan biji kopi dapat menurunkan laju pengosongan lambung sehingga mengakibatkan penumpukan gas-gas.

Next
Kurangi Asupan Garam dan Gula

46

Kurangi Asupan Garam dan Gula

Garam dan gula yang berlebihan dapat menjadi musuh bagi tubuh. Seorang dewasa hanya boleh mengonsumsi 90 gram atau tidak lebih dari setengah cangkir gula, sementara takaran garam yang direkomendasikan hanya sebesar 6 gram atau setara dengan satu sendok teh.

Next
Setop Ngemil

47

Setop Ngemil

Mengonsumsi camilan atau makanan ringan untuk mengisi perut dapat meningkatkan berat badan seseorang. Karena dalam camilan terdapat lebih banyak kadar karbohidrat dan kolesterol dibandingkan dengan makanan utama.

Next
Makan Setengah Piring

48

Makan Setengah Piring

Makan terlalu banyak merupakan salah satu hal yang menyebabkan tubuh 'membengkak'. Nah, mengurangi setengah porsi nasi atau segenggam kepalan tangan dapat mengurangi kalori sebesar 100-150 kilo kalori.

Next
Ganti Beras Putih dengan Beras Merah

49

Ganti Beras Putih dengan Beras Merah

Nasi merah mampu memberikan suplai energi yang bertahap karena memiliki banyak serat atau karbohidrat kompleks. Sehingga lebih efisien dan tidak menumpuk menjadi lemak seperti halnya nasi putih.

Next
Sarapan dengan Buah dan Sayur

50

Sarapan dengan Buah dan Sayur

Konsumsi lima porsi buah dan sayur setiap hari tak cuma sekadar menyehatkan tubuh secara fisik, tapi juga mental. "Banyak makan sayur dan buah juga bisa memperbaiki mood, bikin suasana hati jadi gembira. Tingkat kegembiraan ini juga meningkat untuk setiap porsi ekstra, dan umumnya akan jelas terlihat setelah 8 hari," tutur Prof Andrew Oswald dari Warwick, seperti dikutip dari Mirror.