Back to Top
Meniup balon

1

Meniup balon

Mengecilkan perut buncit juga bisa dengan cara yang sederhana seperti meniup balon. Sebab kegiatan ini mengolahragakan perut bagian dalam dan membutuhkan semua otot di bagian tengah.

Next
Hindari stres

2

Hindari stres

Stres tidak hanya berhubungan dengan kesehatan mental. Pasalnya, stres memiliki dampak terhadap hormon adrenal, yakni hormon yang membuat tubuh menjadi lebih mudah menyimpan kalori ekstra di area perut. Karena itu jika Anda sering stres, maka perut buncit akan selalu mengintai.

Next
Kurangi makan gorengan

3

Kurangi makan gorengan

Makanan yang digoreng dapat memperlambat proses pencernaan sehingga membuat lemak menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan perut buncit. Oleh karena itu, lebih baik kurangi konsumsi makanan gorengan.

Next
Gerakan panjat tebing

4

Gerakan panjat tebing

Tidak perlu benar-benar memanjat, seseorang hanya perlu bergerak seperti seperti seorang pemanjat tebing, hanya saja ini cukup dilakukan di lantai. Sebab setiap gerakan seperti memanjat tebing sangat melibatkan otot.

Next
Konsumsi es teh peppermint

5

Konsumsi es teh peppermint

Es teh peppermint bukan hanya penyegar yang super di musim panas, tapi juga penggempur lemak perut yang super efektif. Peppermint membantu proses lemak perut, memastikan bahkan makanan tinggi lemak seperti burger dan steak dicerna dengan cepat.

Next
Kurangi makan garam

6

Kurangi makan garam

Garam, bumbu asin dan makanan olahan memiliki kandungan natrium yang tinggi. Asupan makanan asin dalam jumlah yang lebih besar dapat membuat perut membuncit karena garam dapat menarik air dalam jumlah besar sehingga menyebabkan retensi air.

Next
Mulai dengan latihan ringan

7

Mulai dengan latihan ringan

Tidak perlu memulai langkah Anda mendapatkan perut rata dengan cara-cara yang berat seperti misalnya langsung melakukan angkat beban 10 kg atau sit-up 30 kali. Jika Anda belum terbiasa, maka akan sangat mudah kelelahan dan merasa terbebani.

Next
Rajin push-up

8

Rajin push-up

Latihan resistensi seperti push up dapat mengatasi perut buncit. Sebab saat seseorang melakukan push up, kadar testosteron dalam tubuh akan meningkat dan hal ini berkaitan dengan menjaga lemak di perut sehingga seseorang tidak mengalami buncit.

Next
Main hula hoop

9

Main hula hoop

Selain menyenangkan, bermain hula hoop juga bisa membuat perut menjadi rata. Sebab gerakan memutar memberikan olahraga atau penekanan pada otot-otot perut serta membantu membuat perut six pack.

Next
Kombinasi olahraga dan diet

10

Kombinasi olahraga dan diet

Menghilangkan lemak di perut tidak hanya bisa dengan melakukan olahraga saja. Sebab untuk mendapat hasil yang maksimal seseorang juga harus melakukan diet dengan gizi yang baik.

Next
Berada di ruangan dingin

11

Berada di ruangan dingin

Berada di ruangan dengan paparan suhu rendah dapat mengaktifkan thermogenesis untuk menghasilkan panas tubuh di bagian yang disebut sebagai brown fat. Ini merupakan jenis lemak yang baik untuk proses pembakaran kalori.

Next
Olahraga aerobik

12

Olahraga aerobik

Melakukan olahraga aerobik bisa membakar lemak di bagian perut yang sering menyebabkan perut membuncit. Sedangkan untuk mengatasi otot perut bisa ditambahkan dengan berlatih beban.

Next
Hindari melewatkan jam makan

13

Hindari melewatkan jam makan

Hanya dengan melewatkan waktu makan, Anda dengan mudah bisa mendapatkan perut buncit. Hal itu terjadi karena saat Anda melewatkan waktu makan, tubuh merespons dengan meningkatkan kadar kortisol, meningkatkan nafsu makan dan kemudian menyimpan lemak, terutama di bagian perut.

Next
Konsumsi frappe nanas

14

Konsumsi frappe nanas

Frappe nanas dengan campuran minyak biji rami adalah perpaduan yang super. Minyak biji rami menambahkan asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA), zat yang telah terbukti menghancurkan lemak. Sedangkan nanas sendiri mengandung bromelain, suatu enzim yang membantu memecah protein, memudahkan pencernaan dan mengusir kembung.

Next
Jangan bergantung pada sit-up

15

Jangan bergantung pada sit-up

Melakukan sit-up berkali-kali dalam sehari tidak akan membuat perut menjadi rata karena sit-up hanya bekerja pada otot dan tidak memengarui lapisan lemak. Alih-alih melakukan 50 sit-up per hari, lebih disarankan untuk jogging atau jalan cepat di taman atau treadmill selama 30 menit setiap hari.

Next
Relaks

16

Relaks

Hormon stres, kortisol, berperan dalam penambahan berat badan. Ketika seseorang stres, maka kortisolnya akan meningkat. Nah, Dalam kondisi stres berat, level kortisol akan mencapai tingkat yang ekstrem atau merusak fungsi sistem adrenal yang menyebabkan penambahan berat badan atau ketidakmampuan seseorang untuk menurunkan berat badan.

Next
Jangan hindari roti gandum dan sereal

17

Jangan hindari roti gandum dan sereal

Roti gandum dan sereal bisa meningkatkan insulin sehingga secara bertahap dapat menurunkan kemungkinan pertambahan lemak dalam perut. Nah, masukkan nasi, gandum dan oatmeal dalam menu makan sekali sehari ya.

Next
Jangan hindari lemak sama sekali

18

Jangan hindari lemak sama sekali

Tidak semua lemak merupakan lemak jahat atau lemak tidak sehat. Ahli gizi berpendapat bahwa jika Anda mengkonsumsi satu-seperempat alpukat dalam menu salad, lemak di sekitar perut justru akan menyusut.

Next
Kurangi makanan kabohidrat sederhana

19

Kurangi makanan kabohidrat sederhana

Salah satu penyebab perut buncit adalah lemak. Nah, karbohidrat sederhana dalam makanan dapat dikonversi menjadi lemak sangat cepat oleh tubuh. Jadi kurangilah porsi nasi, roti putih, pasta, dan makanan lain yang mengandung banyak karbohidrat sederhana.

Next
Konsumsi smoothie semangka

20

Konsumsi smoothie semangka

Selain menyegarkan, smoothie semangka juga memiliki kandungan asam amino argnin yang dikenal dapat menurunkan lemak tubuh dan meningkatkan massa otot. Sehingga Anda bisa konsumsi ini untuk mengecilkan perut buncit.

Next
Runners arms

21

Runners arms

Banyak orang mengira lari hanya melibatkan gerakan ke arah depan. Kenyataannya, tangan juga berayun untuk menjaga tubuh dalam posisi stabil. Ayunan tangan tersebut membutuhkan kerja otot perut. Ide gerakan ini adalah menirukan gerakan tangan saat lari, hanya saja dilakukan tanpa lari.

Next
Kurangi minum alkohol

22

Kurangi minum alkohol

Minum alkohol terlalu banyak menimbulkan timbunan lemak di tubuh. Sebab, alkohol mengandung kalori dalam jumlah tinggi dan cenderung menimbulkan efek rasa lapar setelah diminum.

Next
Diet sehat

23

Diet sehat

Lakukan diet sehat seperti memperbanyak sayur dan buah, memilih karbohidrat berkualitas seperti beras merah, jatung atau oatmeal. Kemudia pilih protein yang berkualitas dan rendah lemak seperti kacang-kacangan dan yang paling penting adalah menghindari makanan dan minuman manis serta gorengan.

Next
Latihan crunch

24

Latihan crunch

Latihan yang populer untuk mengecilkan perut adalah crunch. Sebab latihan ini melibatkan otot perut. Nah, untuk mendapatkan perut yang benar-benar rata, diperlukan juga tambahan latihan kardiovaskular untuk menghancurkan lemak di perut.

Next
Hindari makanan manis

25

Hindari makanan manis

Gula merupakan musuh bagi perut yang rata. Sebab saat dikonsumsi berlebihan, gula akan disimpan sebagai lemak dan mengakibatkan perut membuncit.

Next
Perbanyak asupan vitamin c

26

Perbanyak asupan vitamin c

Vitamin c dapat membantu menjaga tingat kortisol tetap terkontrol yang berkaitan dengan pembakaran lemak. Selain itu vitamin c juga penting dalam produksi karnitin yang digunakan oleh tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi.

Next
Konsumsi makanan dengan lemak baik

27

Konsumsi makanan dengan lemak baik

Meski ingin memangkas lemak dari perut, tapi tubuh juga masih memerlukan makanan berlemak. Tentunya yang diperlukan tubuh adalah makanan yang mengandung lemak baik seperti alpukat, buah kenari, dan minyak zaitun.

Next
Tidur cukup

28

Tidur cukup

Ingin bebas buncit tanpa olahraga? Anda bisa mencoba dengan tidur. Sebab berbagai penelitian membuktikan bahwa kualitas tidur yang buruk dapat memicu bertambahnya berat badan akibat mengemil makanan yang tidak sehat.

Next
Jangan terlalu percaya pada iklan produk 'bebas gula'

29

Jangan terlalu percaya pada iklan produk 'bebas gula'

Makanan yang memiliki label 'bebas gula' seperti permen, makanan ringan rendah lemak, atau soda diet bukan berarti bebas efek buruk terhadap tubuh, khususnya dalam jangka panjang. Produk ini biasanya justru mengandung pemanis buatan yang dapat meningkatkan penyimpanan lemak di dalam tubuh.

Next
Beli skipping rope

30

Beli skipping rope

Skipping atau loncat tali merupakan olahraga dengan intensitas tinggi yang bisa dilakukan di mana saja, kapan saja. Hanya butuh beberapa menit untuk meningkatkan laju metabolisme dengan cara meloncat-loncat. Ketika beristirahat, tubuh tetap akan membakar banyak kalori sesudahnya.

Next
Konsumsi air putih

31

Konsumsi air putih

Hidrasi atau kecukupan cairan tubuh sangat penting dalam menjaga kesehatan secara umum yang termasuk menjaga berat badan. Selain murah, air putih memiliki nol kalori dan nol aditif atau bahan tambahan.

Next
Olahraga dua menit saja

32

Olahraga dua menit saja

Olahraga sembari dua menit dengan melakukan latihan polimetrik seperti star jump dan burpees memiliki manfaat yang sama seperti lompat tali. Dengan begitu, hanya dengan dua menit lemak di tubuh akan mudah hancur.

Next
Pangkas kalori

33

Pangkas kalori

Kurangi sumber makanan kaya-kalori seperti karbohidrat dengan mengganti menu makan yang lebih banyak buah dan sayurnya. Makanan tersebut rendah kalori dan kaya akan serat, sehingga perut cepat kenyang tanpa harus menanggung risiko kelebihan kalori.

Next
Hitung langkah kaki setiap hari

34

Hitung langkah kaki setiap hari

Siapkan pedometer atau alat penghitung langkah kaki dan pastikan dalam sehari berjalan tidak kurang dari 10.000 langkah. Olahraga teratur ditambah aktif secara fisik, merupakan kombinasi yang bagus untuk memangkas lemak.

Next
Latihan olahraga nonstop

35

Latihan olahraga nonstop

Melakukan latihan super-sirkuit juga bisa membantu mendapatkan peru yang rata. Intinya berbagai gerakan olahraga dilakukan tanpa jeda, nonstop sampai tidak punya tenaga lagi.

Next
Manfaatkan akhir pekan

36

Manfaatkan akhir pekan

Jika pada hari-hari biasa lebih terburu-buru, olahraga bisa dilakukan dengan lebih santai di akhir pekan. Intensitas diturunkan, tetapi durasinya diperpanjang. Latihan yang tidak terlalu berat tetapi dilakukan dengan durasi yang lebih panjang manfaatnya tidak kalah dibandingkan super-sirkuit.

Next
Konsumsi teh hijau

37

Konsumsi teh hijau

Selain mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung, teh hijau bermanfaat bagi seluruh tubuh dan mengandung catechin, antioksidan yang menurut penelitian dapat membantu mengurangi lemak perut. Jika mengonsumsi teh hijau sebelum latihan fisik, senyawa ini juga bisa meningkatkan pembakaran lemak selama latihan.

Next
Fokus saat berolahraga

38

Fokus saat berolahraga

Jika Anda pikir hanya otot yang bekerja saat melakukan push-up, Anda salah. Pikiran juga memiliki peran penting dalam jadwal olahraga Anda. Jadi, hindari menonton TV ketika Anda sedang berolahraga, dan berkonsentrasilah pada otot agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

Next
Latihan otot punggung

39

Latihan otot punggung

Meratakan perut tidak harus selalu fokus melakukan olahraga di perut. Sebab melakukan latihan otot punggung juga dapat membantu Anda mendapatkan perut yang rata.

Anda bisa mencoba berbaring dengan punggung di lantai lalu tekuklah kedua lutut Anda dan tempatkan tangan di belakang leher untuk mendukung kepala Anda. Tekan punggung bagian bawah ke lantai dan kemudian angkat kepala dan bahu dari lantai.

Next
Keseimbangan

40

Keseimbangan

Untuk mendapatkan perut yang rata dan kuat, Anda harus menggabungkan beberapa gerakan yang menuntut keseimbangan. Misalnya berdiri dengan satu kaki sementara kaki lain bertumpu pada paha, lalu angkat lengan di atas kepala dan telapak tangan menyentuh kuping, seperti bentuk pohon.

Next
Beristirahat cukup

41

Beristirahat cukup

Latihan yang dilakukan akan memberikan hasil yang baik jika diimbangi dengan istirahat cukup. Latihan yang berlebihan tidak akan membuat Anda dengan segera mendapatkan perut rata. Malah istirahat cukup akan membantu otot Anda untuk pembaharuan sel dan membuatnya lebih kuat.

Next
Coba yoga

42

Coba yoga

Bosan nge-gym? Cobalah yoga. Kebanyakan pose-pose yoga baik untuk memperkuat otot termasuk otot untuk meratakan perut. Selain itu, yoga juga membantu tubuh lebih fleksibel dan mengurangi tingkat stres.

Next
Latihan pelan tapi pasti

43

Latihan pelan tapi pasti

Menambah kecepatan dan buru-buru melakukan latihan juga tidak efektif menyingkirkan perut buncit. Pelan-pelan saja, tapi lakukan latihan yang baik dan benar sehingga latihan yang Anda lakukan benar-benar membakar lemak Anda.

Next
Perhatikan makanan

44

Perhatikan makanan

Jika Anda menginginkan otot perut yang rata, Anda harus makan dengan benar dan berolahraga rutin. Agar perut Anda senantiasa rata, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang terdiri dari produk protein, susu rendah lemak, buah-buahan serta sayuran.

Next
Tidur tanpa busana

45

Tidur tanpa busana

Tidur telanjang mencegah Anda terbangun dari tidur yang tidak nyaman di tengah malam dan membuat Anda merasa lapar dan mulai mencari makanan. Ketika seseorang tidur dengan nyenyak, tingkat hormon stres kortisol akan menurun, energi terjaga dan menekan rasa lapar.

Sebaliknya saat tidur terganggu, produksi kortisol akan melonjak dan membuat Anda terbangun untuk mencari kenyamanan dengan makan. Padahal sistem metabolisme dan pencernaan membutuhkan istirahat di malam hari, akibatnya kalori makanan tidak terdistribusikan dengan baik dan menumpuk di perut.

Next
Latihan dengan bola

46

Latihan dengan bola

Ambil bola plastik besar yang juga digunakan pada senam ibu hamil. Latihan menggunakan bola juga merupakan cara yang bagus untuk meratakan perut. Terlentang di atas bola mirip dengan sit-up biasa tetapi latihan ini menambahkan elemen keseimbangan yang lebih menantang.

Next
Penguatan otot perut

47

Penguatan otot perut

Untuk latihan ini, Anda harus berbaring telentang dengan lutut ditekuk ke arah langit-langit. Kemudian dorong perut dan punggung ke lantai saat Anda mengeluarkan napas. Lalu, perlahan-lahan gerakkan kedua kaki dari badan dan gunakan otot perut untuk menjaga punggung Anda terhadap lantai. Ketika posisi meulai melengkung, tarik kaki Anda kembali ke posisi awal.

Next
Menambah gerakan

48

Menambah gerakan

Untuk mendapatkan perut yang rata dengan cepat, Anda bisa menambah berbagai gerakan dalam latihan Anda. Jadi jangan hanya berkonsentrasi pada push-up, tapi ada baiknya Anda melakukan gerakan lain seperti gerakan memutar-mutan badan ke kanan dan ke kiri.

Next
Latihan Windshield Wiper Lunge

49

Latihan Windshield Wiper Lunge

Gerakan ini cukup serbaguna karena melatih otot perut dari berbagai sudut. Saat tangan melintasi kepala, core atau otot inti tubuh harus bekerja agar stabil. Otot punggung dan samping juga dilatih di tiap gerakan.

Next
Jaga Metabolisme Tubuh

50

Jaga Metabolisme Tubuh

Metabolisme yang baik akan menghindari seseorang dari sembelit. Sebab sembelit bisa membuat perut seseorang menjadi buncit. Apalagi jika sembelit sudah tahap kronis dan terjadi berulang selama bertahun-tahun.