Selasa, 09 Agu 2011 08:14 WIB

Yang Bikin Nafsu Makan Hilang

- detikHealth
Jakarta - Pada saat-saat tertentu orang bisa kehilangan nafsu makan. Penurunan nafsu makan ini sebaiknya jangan dianggap enteng terutama jika sudah terjadi selama beberapa hari. Karena ada beberapa penyebab yang bisa bikin nafsu makan hilang.

Kehilangan nafsu makan selama berhari-hari tentu saja tidak bagus. Karena tubuh butuh asupan makanan sebagai sumber energinya. Kondisi ini bisa membuat berat badan seseorang menurun dan tubuh tidak bisa berfungsi optimal karena kurangnya asupan nutrisi.

Untuk itu perlu diketahui dengan pasti apa penyebabnya. Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan nafsu makan seseorang berkurang, seperti dikutip dari Lifemojo, Selasa (9/8/2011) yaitu:

1. Penuaan
Semakin tua usia seseorang maka kemampuan indera perasa dan baunya akan berkurang sehingga membuatnya kehilangan minat pada makanan.

2. Kanker dan AIDS
Kondisi medis yang parah ini bisa menekan nafsu makan seseorang sehingga terjadi penurunan berat badan. Bahkan obat yang diresepkan untuk kondisi ini juga bisa membatasi nafsu makannya.

3. Gangguan lambung dan pencernaan
Masalah pada pencernaan seperti sembelit, diare, gas yang berlebihan dan sindrom iritasi usus besar, semuanya bisa menurunkan selera makan.

4. Stres
Selama ini stres kerap berhubungan dengan nafsu makan yang berlebih. Tapi fakta menunjukkan stres, gangguan suasana hati dan depresi menurunkan keinginan dan minat seseorang terhadap makanan.

5. Demam
Ketika seseorang mengalami demam maka secara otomatis kemampuan lidah sebagai indera perasa atau pengecap juga akan berkurang yang membuat seseorang kehilangan minat terhadap makanan.

6. Obat-obatan
Beberapa obat tertentu seperti digoxin, fluoxetine, hydralazyne dan quinidine bisa menekan nafsu makan pada diri seseorang.

Penurunan nafsu makan ini sebaiknya segera diatasi agar tidak mengganggu kesehatan yang membuat seseorang mudah terserang penyakit.
Ada beberapa hal yang bisa digunakan sebagai perangsang nafsu makan yaitu:
1. Perangsang nafsu makan alami
Termasuk makanan seperti daun pepermint, jahe, tomat, daun pepaya, ginseng, biji adas dan ragi bir.

2. Vitamin dan suplemen
Beberapa vitamin atau suplemen diketahui bisa merangsang nafsu makan seperti zink, vitamin B, vitamin E dan koenzim A. Vitamin ini bisa berasal dari sumber makanan seperti jagung, hati, kedelai, alfalfa dan mawar.

3. Perangsang nafsu makan herbal
Tumbuhan herbal yang diketahui sebagai stimulan adalah bunga dandelion, blessed thistle, ginseng dan kunyit.

4. Perangsang nafsu makan sintetik
Vitamin atau suplemen yang dibuat secara sintetis di laboratorium memiliki fungsi sama dengan yang alami. Tapi beberapa orang kadang merasa tidak nyaman dan mengembangkan alergi atau masalah gastro.



(ver/ir)
News Feed