Senin, 19 Nov 2012 12:30 WIB

3 Titik yang Harus Dipijat Bila di Kantor Tak Ada Obat Sakit Kepala

- detikHealth
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta - Tidak semua keluhan penyakit harus diatasi dengan obat. Sakit kepala ringan akibat stres di tempat kerja misalnya, bisa diatasi dengan teknik pemijatan sederhana. Dokter spesialis akupresur dari RS Cipto Mangunkusumo menjelaskan cara mudah untuk melakukannya.

"Kelebihan akupresur adalah tekniknya sederhana, tidak bahaya sehingga bisa dilakukan sendiri," kata Dr Hasan Mihardja, MKes, SpAk(K), konsultan akupresur dari RS Cipto Mangunkusumo saat ditemui di sela-sela seminar 'Sehat, Cerdas dan Produktif dengan Djamoe' di Gedung Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Senin (19/11/2012).

Untuk mengatasi sakit kepala di tempat kerja, titik pemijatan pertama seperti dijelaskan Dr Hasan adalah puncak kepala atau dalam akupresur disebut titik GP20. Titik yang terletak persis di dekat ubun-ubun ini hanya perlu ditekan dengan kekuatan sedang sebanyak 30 kali.


 

 
Titik berikutnya masih berlokasi di kepala, persisnya belakang tonjolan tulang tengkorak. Sama seperti titik yang pertama, titik kedua juga hanya perlu ditekan-tekan hingga terasa lebih enak dan sakit kepalanya akan mulai mereda.


 

 
Terakhir, titik pemijatan untuk sakit kepala ringan terletak di punggung tangan. Cara mencarinya adalah dengan merapatkan ibu jari dengan jari telunjuk, lalu akan tampak satu bagian yang paling menonjol. Bagian yang menonjol itulah yang harus dipijat untuk meredakan sakit kepala.


 

 
Meski aman dan tidak bahaya, Dr Hasan mengingatkan bahwa teknik ini tidak boleh dilakukan untuk kondisi sebagai berikut:

1. Sedang mengonsumsi obat pengencer darah
2. Sedang hamil
3. Ada tumor
4. Sedang dalam kondisi tertentu yang butuh operasi
5. Sedang dalam kondisi lain yang sifatnya emergency

"Untuk kondisi seperti ini sangat tidak dianjurkan untuk dipijat karena kalau dipijat dulu maka akan terlewat masa-masa untuk mendapatkan pengobatan yang sebenarnya," kata Dr Hasan untuk menegaskan bahwa teknik pemijatan akupresur tersebut hanya untuk keluhan sakit kepala ringan, bukan karena penyakit lain.

Selain karena stres, sakit kepala ringan di tempat kerja juga bisa dipicu oleh posisi duduk yang tidak ideal maupun kelelahan mata akibat seharian duduk di depan komputer. Sakit kepala ringan, menurutnya termasuk keluhan yang paling sering dialami para pekerja di kantor.


(up/vta)