Kamis, 03 Jan 2013 19:10 WIB

Perhatikan Panduan Makan Ini untuk Mencegah Asma

- detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock) ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Asma adalah gangguan pernapasan yang paling umum terjadi dimana saluran pernapasan menyempit akibat rangsangan tertentu. Seseorang perlu memperbaiki diet makanan yang dikonsumsinya sehari-hari untuk mencegah asma dan agar asma tidak bertambah buruk.

Peneliti dari Amerika telah mengkaitkan antara perubahan pola makan dari makanan berkalori tinggi ke buah-buahan dan sayuran dengan penurunan kasus asma. Studi menunjukkan bahwa diet yang mencakup kombinasi dari vitamin C dan E, beta-karoten, flavonoid, magnesium, selenium, dan asam lemak omega-3 dapat membantu dalam pencegahan asma.

Zat-zat tersebut sebagian besar adalah antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan. Konsumsi kacang-kacangan dan tomat juga dapat membantu mencegah perkembangan asma. Selain itu, penelitian lain menemukan bahwa remaja yang kekurangan nutrisi lebih rentan mengembangkan asma dibandingkan remaja lain yang gizinya terpenuhi dengan baik.

Seperti dilansir onlymyhealth, Kamis (3/1/2013), untuk mencegah atau menjaga agar asma tidak bertambah parah, perhatikanlah 5 panduan makan berikut ini:

1. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran
Buah dan sayur adalah makanan wajib yang yang harus dimasukkan ke dalam daftar makanan sehari-hari karena memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan juga untuk pencegahan asma.

2. Makan makanan yang mengandung asam lemak omega-3
Asam lemak omega-3 memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk mampu melindungi seseorang dari kondisi asma. Konsumsilah makanan yang mengandung asam lemak omega-3 alami seperti ikan salmon, tuna, sarden, dan biji rami.

3. Hindari lemak trans dan omega-6 asam lemak
Studi menunjukkan bahwa asam lemak omega-6 dan lemak trans dapat memperburuk kondisi asma, selain itu juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Jenis lemak ini biasanya terkandung dalam margarin dan makanan olahan.

4. Batasi makan makanan berkalori tinggi
Konsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi dapat menyebabkan kenaikan berat badan, yang berakibat buruk bagi kesehatan secara keseluruhan serta kondisi asma.

5. Menghindari makanan yang menyebabkan alergi
Seseorang yang memiliki intoleransi terhadap makanan tertentu harus menghindari makanan tersebut agar tidak terjadi reaksi alergi. Alergi dapat meningkatkan komplikasi asma dan memperparah kondisi asma.



(vit/vit)