Senin, 22 Apr 2013 14:28 WIB

Manfaat Tertawa: Kurangi Stres Hingga Enyahkan Kebosanan

- detikHealth
Ilustrasi (dok: Thinkstock) Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta - Selama tertawa tidak dilarang, maka tertawalah. Sebab tertawa bisa memberikan berbagai manfaat positif bagi tubuh. Tapi ingat, meski tertawa itu sehat jangan sampai Anda tertawa berlebihan hingga mengganggu orang lain. Tertawa itu tidak harus dengan suara keras kok.

Berikut ini beberapa manfaat tertawa seperti dikutip dari huffingtonpost, Senin (22/4/2013):

1. Tertawa Secara Fisik Baik bagi Anda

Selain mengurangi ketegangan otot, tertawa juga bisa meningkatkan memori, menambah kekebalan tubuh dan membantu mencegah penyakit jantung. Bahkan meski Anda hanya tertawa palsu saat mendengar lelucon rekan Anda, itu sudah memberi manfaat lho.

2. Tertawa Itu Menenangkan

Saat Anda tidak ingin tertawa, otak bisa saja memerintahkan mulut untuk tertawa. Saat mendengar atau melihat sesuatu yang menggelikan, namun ada orang yang mengatakan "Jangan tertawa', yang terjadi bukannya Anda diam tapi malah tertawa terbahak-bahak. Hmm, oke tidak perlu menyangkal sesuatu yang menyenangkan. Humor akan menyelesaikan banyak hal dan membuat Anda tenang.

3. Tertawa Mampu Mengurangi Stres dan Emosi yang Lebih Serius

Saat hati terluka, maka Anda pasti sedih. Kesedihan menjadi pusat perhatian Anda. Menghindari tertawa dilakukan untuk menghormati rasa kehilangan seseorang yang disayangi, kehilangan pekerjaan, atau karena telah melakukan suatu kesalahan besar. Pada saat seperti itu, jangan menampik untuk tertawa. Humor akan membuat segala sesuatu lebih ringan agar masalah tidak menghancurkan diri sendiri.

4. Hal-hal Menakutkan Jadi Kurang Menakutkan Saat Anda Menertawakannya

Ya, tertawa bisa membuat hal-hal yang menakutkan menjadi berkurang sensasi menakutkannya. Misalnya saja saat menonton Jurassic Park, Anda melihat ada orang yang dimakan T-Rex. Hal itu tentu menakutkan. Namun ketika menyadari orang itu sedang duduk di toilet saat akan dimakan T-Rex, bisa jadi potongan film itu menjadi lucu. Saat tertawa, kejadian yang sebenarnya jadi tidak terlalu menakutkan bukan?

5. Tertawa Itu Menghilangkan Kebosanan

Jika Anda sedang dilanda bosan akut, cobalah bertemu dengan teman Anda. Duduklah berhadapan, dan biarkan teman Anda menceritakan berbagai hal yang lucu dan menggelikan. Lihatlah, Anda tertawa sekarang dan bosan itu perlahan sirna.



(vit/up)